Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

2 Pengganti Puasa Ramadhan Jika Berhalangan Puasa Wajib Ini!

Diperbarui: 16 Februari 2023   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Naim Benjelloun on pexels.com

Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib bagi seluruh umat Islam seperti dalam rukun Islam. Namun, beberapa orang mungkin berhalangan atau tidak dapat menyelesaikan puasa Ramadhan saat itu karena sesuatu hal tertentu. 

Karena ini hukumnya wajib, maka umat Islam juga wajib mengganti puasa ramadhan. Oleh karena itu, mereka yang tidak mampu berpuasa selama bulan Ramadhan harus melakukannya. 

Ada dua cara pengganti puasa ramadhan yang bisa dilakukan dengan syarat tertentu. Yakni hutang puasa yang diganti pula dengan puasa dan juga bersedekah. 

Pengganti Puasa Ramadhan

Berikut ini dua pengganti puasa ramadhan yang bisa dilakukan umat Islam jika berhalangan menunaikannya dengan beberapa syarat ini:

1. Puasa Qadha Ramadhan

Berdasarkan surat Al Baqarah ayat 184, orang yang memiliki hutang puasa wajib di bulan ramadhan harus menggantinya selama masih mampu. 

Misalnya, pada bulan Ramadhan, seorang muslim tiba-tiba sakit parah sehingga tidak bisa berpuasa, maka setelah kondisinya pulih, ia harus mengqodho' sisa puasanya. Hal ini juga berlaku bagi umat Islam yang tidak bisa berpuasa karena haid atau perjalanan jauh.

Puasa untuk membayar hutang ini disebut juga dengan puasa qadha. Seperti halnya puasa pada umumnya, kamu harus makan sahur sebelum matahari terbit kemudian menahan lapar, haus. Selain itu, menghindari hal-hal lain yang membatalkan puasa hingga Maghrib. 

Perbedaannya adalah niat puasa qadha seperti berikut ini:  

Artinya Aku berniat puasa di esok hari karena mengganti fardhu puasa ramadhan hanya karena Allah SWT.

Kamu dapat membayar hutang puasa secara bergantian, acak atau berurutan setiap hari. Bahkan bisa melakukannya bersamaan seperti puasa sunnah, contohnya puasa di hari Senin dan Kamis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline