Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

2 Jenis Struktur Sel yang Utama pada Makhluk Hidup!

Diperbarui: 13 Februari 2023   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Edward Jenner on Pexels

Setiap makhluk hidup sejatinya memiliki sel yang membuatnya bisa tumbuh dan berkembang. Namun, ada perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, termasuk juga makhluk hidup lain seperti bakteri. 

Bahkan, struktur pada sel manusia pun berbeda. Lalu apakah tiap jenis struktur sel pada makhluk hidup berfungsi sama? Simak pengertian dan jenis struktur sel yang ada pada makhluk hidup berikut ini: 

Pengertian Sel

Semua fungsi yang membuat makhluk hidup diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itu, sel dapat berfungsi secara mandiri selama kebutuhan vitalnya terpenuhi. Makhluk hidup atau organisme terdiri dari satu sel dan banyak sel. 

Banyak sel (multiseluler) yang terdapat pembagian tugas sehingga jadi dasar hierarki kehidupan. Istilah penyebutan kata sel ini berasal dari bahasa Latin cellulae yang artinya adalah "ruang kecil" dalam bahasa Indonesia.

Anton van Leeuwenhoek melakukan banyak pengamatan tentang benda dan mikroorganisme dan menunjukkan kepada dunia untuk pertama kalinya bahwa ada "kehidupan di dunia lain" yang belum pernah dilihat orang. 

Karyanya meletakkan dasar bagi apa yang sekarang menjadi bidang biologi terpenting, yakni Mikrobiologi. Perkembangan mikroskop selama hampir 200 tahun telah memberi para ilmuwan kesempatan untuk meneliti struktur makhluk hidup.

Studi seri dilakukan oleh dua ilmuwan Jerman, yaitu Matthias Schleiden (ahli botani, 1804-1881) dan Theodor Schwann (ahli zoologi, 1810-1882). Mereka menyimpulkan semua makhluk hidup terdiri dari sel.

Sel adalah unit struktural dan fungsional makhluk hidup, yaitu komponen makhluk hidup untuk melakukan semua fungsi kehidupan. Makhluk hidup dapat dibagi menjadi organisme uniseluler dan multiseluler berdasarkan jumlah sel struktural pada makhluk hidup.

Makhluk uniseluler adalah makhluk yang hanya memiliki satu sel, sedangkan makhluk multiseluler adalah makhluk atau organisme yang memiliki lebih dari satu sel. 

Jenis Struktur Sel

Sel-sel makhluk hidup memiliki struktur, fungsi, dan tujuan yang sesuai. Yakni sebuah kesatuan struktural dan fungsional makhluk hidup yang dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline