Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

8 Fungsi Teks Ulasan untuk Pembaca dan Karya Itu Sendiri!

Diperbarui: 25 Januari 2023   08:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Bru-nO on Pixabay

Apakah kamu ingin membagikan pengalamanmu dengan karya tertentu? Misalnya pengalaman kamu yang suka nonton film, membaca buku, mendengarkan musik, dan karya lain. Kamu bisa mengungkapkannya dengan menulis teks ulasan. 

Fungsi teks ulasan bisa jadi gambaran untuk pembaca lain tentang karya tersebut untuk menjawab apakah karya tersebut recommended atau tidak untuk dilihat, dibaca, atau didengar. 

Itulah sebabnya, mengulas juga bisa jadi respon pembaca untuk mempengaruhi pembaca lainnya.

Pengertian Teks Ulasan

Biasanya, ketika seseorang telah membaca teks ulasan atau review di media, seseorang mungkin tertarik untuk melakukan hal yang sama. Misalnya, jika seseorang membaca teks ulasan tentang film, pembaca mungkin akan menonton film yang diulas tersebut.

Lalu seseorang membaca teks tersebut tentang sebuah buku dan mungkin tertarik untuk membeli buku tersebut. Meskipun ini hanya ulasan dan bersifat subjektif, tetapi lebih baik menggunakan teks ini dalam bahasa yang lebih menarik untuk mempengaruhi orang. 

Fungsi teks ulasan inilah yang membuat karya tersebut semakin terkenal. Jadi, secara alami, teks ulasan berisi informasi tentang karya tersebut, termasuk kelebihan dan kekurangannya yang bisa jadi pertimbangan orang lain untuk memiliki pengalaman bersama karya tersebut.

Fungsi Teks Ulasan

Berdasarkan pengertian teks ulasan diatas, kamu dapat melihat bagaimana fungsi teks ulasan yang sangat berdampak bagi pembaca atau untuk karya itu sendiri seperti berikut ini:

1. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Karya

Dari teks ulasan orang lain, kita bisa dengan mudah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan produk atau karya orang lain. Ketika ulasan ditulis tentang karya, maka kamu tahu apa bagaimana karya tersebut. 

Kamu juga dapat mengetahui apa yang buruk dari karya tersebut. Ini juga bisa jadi pertimbangan apakah karya tersebut bisa kamu nikmati atau tidak.

2. Memperoleh Informasi Karya

Selain itu juga, bisa mendapatkan informasi detail tentang karya dari teks ulasan. Reviewer biasanya menjelaskan apa karyanya, sehingga pembaca mengetahui teks evaluasi dapat mengetahui detail karya secara detail.

3. Mengetahui Kualitas Karya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline