Jika bicara tentang SEO maka identik dengan pembahasan situs web. Website merupakan salah satu media teknologi di internet yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga berperan sebagai senjata pemasaran bagi suatu perusahaan.
Berjualan melalui website dinilai cukup efektif jika didukung dengan strategi periklanan yang baik. Oleh karena itu, SEO dikenal sebagai SEO untuk pemasaran digital. Jadi, dapat dikatakan bahwa SEO memang salah satu teknik pemasaran digital.
Sebelum melakukan cara optimasi SEO pada website, kamu perlu mengetahui jenis-jenis SEO beserta cara kerjanya. Ini juga jadi strategi kamu memahami kebutuhan digital marketing yang harus digunakan.
Jenis-Jenis SEO
Berikut ini jenis-jenis SEO serta cara kerjanya yang memiliki peran pada website kamu:
1. On Page SEO
Ini adalah jenis SEO yang berfokus pada optimalisasi konten terutama website bisnis. Ini bekerja dengan mengoptimalkan struktur artikel sesuai dengan topik artikel.Â
Cara untuk "mengunci" kata kunci adalah dengan meneliti tren, mengoptimalkan judul, deskripsi meta, judul, atribut gambar, dan sebagainya. Berikut ini strategi yang bisa dilakukan:
Riset keyword dengan memasukan kata kunci yang sering dipakai atau dicari dalam konten yang ada di website.
Buat content marketing yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Jika semakin dibutuhkan, maka konten tersebut juga akan semakin dicari. Dengan begitu, website-mu akan berada di halaman pertama dari pencarian Google.
Fokus pada kecepatan akses karena Google akan menempatkan konten yang lebih cepat dibuka di halaman awal hasil pencariannya.
Buat sub-header yang tepat menggunakan kata kunci karena ini akan menaikkan peringkat dalam mesin pencarian. Jadi, buatlah sub-header menggunakan kalimat yang sering dicari dan tetap enak dibaca.