Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

5 Cara Belajar Bahasa Inggris Melalui Lirik Lagu yang Paling Efektif!

Diperbarui: 30 Desember 2022   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay.com

Terdapat banyak sekali cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Salah satu cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh Suzanne L. Medina (2002) menunjukkan hasil bahwa musik bisa membantu pembelajaran bahasa, memperoleh kosakata serta tata bahasa, meningkatkan ejaan, dan juga mengembangkan keterampilan linguistik dalam membaca, menulis, berbicara, serta mendengarkan.

Mungkin, bagi sebagian orang, mendengarkan musik dan menyanyikan lagu termasuk ke dalam hal yang menyenangkan, sehingga mampu membuat kamu santai di dalam lingkungan belajar. Namun ternyata, mendengarkan lirik lagu bisa menjadi salah satu cara belajar bahasa Inggris yang efektif.

Untuk kamu yang ingin menjadikan lirik lagu sebagai cara belajar bahasa Inggris, berikut ini terdapat beberapa cara yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan efektif.

Cara Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu

Sumber: pixabay

1. Memilih lagu yang disuka

Sama halnya seperti memilih metode belajar, memilih lagu yang tepat menjadi salah satu tips yang bisa memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dengan cara ini akan menjadi terasa sulit kalau kamu mendengarkan genre lagu yang tidak kamu sukai.

Setelah beberapa kali mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris, lama-kelamaan kamu pasti akan mengingat lirik dari lagu itu sampai melekat di kepala kamu. Kemudian, dari lirik lagu yang kamu ingat, kamu bisa menambah kosakata dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambah konteks serta penggunaan kata yang bisa kamu dapatkan dari lirik tersebut.

2. Membaca lirik

Kalau kamu tidak memahami lirik lagu yang berbahasa Inggris hanya dengan mendengarkannya saja, kamu boleh juga mencari lirik lagu tersebut di internet. Setelah itu, kamu pahami liriknya. Awalnya, mungkin tidak mudah memahami keseluruhan lagu tanpa mencari liriknya.

Namun, jika kamu sudah mencari dan membaca lirik lagu bahasa Inggris tersebut, hal itu bisa membantu kamu dalam memahami penulisan dari tiap kata di dalam lirik lagu bahasa Inggris itu. Sambil kamu membaca liriknya, kamu juga dapat memahami pelafalannya dengan cara mendengarkan lagu tersebut.

Cara belajar bahasa Inggris melalui lirik lagu, selain menambah kosakata bahasa Inggris, kamu juga bisa sekaligus mempelajari pronunciation dan juga meningkatkan kemampuan listening.

3. Ikut bernyanyi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline