Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

10 Desain Rumah Adat Tradisional Terunik di Seluruh Dunia!

Diperbarui: 21 Desember 2022   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Instagram memepua

Ada banyak desain rumah adat tradisional di penjuru dunia. Setiap arsitekturnya memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Kamu bisa simak desain rumah adat tradisional terunik di dunia berikut ini untuk mengenal budaya masing-masing negaranya. 

Rumah Adat Tradisional Terunik

Berikut ini beberapa desain rumah adat tradisional terunik di dunia, salah satunya ada yang berasal dari Indonesia:

1. Mbaru Niang, Rumah Adat Tradisional di Desa Wae Rebo, Flores, Indonesia

Photo on genpi.id

Indonesia dikenal sebagai negara dengan lebih dari seribu suku bangsa, sehingga tidak heran jika negara ini juga memiliki ragam rumah adat yang sangat banyak. Salah satunya adalah rumah adat Mbaru Niang di Desa Wae Rebo di Flores. 

Rumah ini merupakan salah satu rumah terunik di dunia dan mendapat penghargaan tertinggi dari Kawasan Asia-Pasifik UNESCO dalam kategori perlindungan warisan pada tahun 2012.

Bangunan ini terdiri dari 5 tingkat yang semuanya tertutup oleh atap berbentuk kerucut. Tingkatan ketiga adalah lentar, yang fungsinya untuk menyimpan benih jagung dan hasil panen lainnya. Di tingkat keempat, lemparan, disimpan cadangan makanan. 

Level terakhir, bernama kode Hekang adalah tempat penyimpanan persembahan untuk leluhur. Selain rumah adat Mbaru Niang, ada banyak rumah adat unik di Indonesia, seperti Krong Bade yang merupakan rumah adat Aceh, rumah adat joglo, rumah gadang, dll. 

2. Izba, Rumah Adat Rusia

Photo by Legion Media

Izba adalah rumah kayu Rusia. Rumah-rumah di pinggiran kota ini biasanya memiliki dapur, taman, gudang, dan lumbung. Selain itu, salah satu daya tarik rumah ini adalah ukiran pada fasadnya yang membuat hunian ini terlihat menakjubkan.

3. Rumah Suku Tradisional Tertua di Afrika

Photo on uniqpost.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline