Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

Virtual adalah Jenis Komunikasi Maya, Simak Pengertian Lengkapnya!

Diperbarui: 1 Desember 2022   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay

Di era yang serba canggih seperti saat ini, teknologi juga sudah semakin maju dan berkembang. Teknologi memberikan setiap orang kemudahan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah dalam hal komunikasi.

Bentuk komunikasi dapat dilakukan melalui berbagai cara. Tidak hanya dengan bertatap muka secara langsung, tetapi sekarang komunikasi juga dapat dilakukan secara virtual

Industri teknologi terus mengembangkan metode komunikasi. Komunikasi yang sekarang sedang populer dilakukan oleh banyak orang adalah komunikasi secara virtual. Istilah virtual adalah suatu kegiatan yang menggunakan perantara internet, gawai, serta aplikasi.

Bisa dikatakan bahwa virtual adalah segala bentuk komunikasi yang dilakukan di dunia maya yang terhubung dengan lawan bicaranya. Pada praktiknya, komunikasi visual ini telah merambah ke berbagai sendi kehidupan, termasuk dalam hal pendidikan sebagai metode pembelajaran.

Sejak pandemi, komunikasi virtual ini menjadi sering didengar bahkan juga dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, bisa digunakan sebagai kegiatan hiburan seperti konser musik.

Ruang komunikasi virtual adalah aplikasi. Ruang inilah yang melakukan banyak tipe komunikasi, baik itu teks, suaram video, serta berbagai panggilan lainnya. Jenisnya juga sangatlah beragam, ada yang formal, informal, dan sebagainya.

Berikut ini adalah ulasan mengenai definisi dari virtual. Simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Virtual?

pixabay

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), virtual adalah memiliki tiga arti atau makna. Pertama, virtual adalah secara nyata. Yang kedua, virtual adalah mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan. Ketiga, virtual adalah diartikan sebagai tampil atau hadir dengan menggunakan sebuah perangkat lunak komputer, seperti internet.

Dalam praktiknya di kehidupan nyata, virtual adalah sesuatu yang sifatnya maya. Saat ini, banyak yang difungsikan ke berbagai sendi kehidupan dan bidang. Di antaranya, bidang pendidikan, sosial, politik, kemasyarakatan bisnis, dan sebagainya. Biasanya, virtual ini diterapkan untuk keperluan sekolah, rapat, diskusi, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline