Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

Begini 9 Cara Melawan Rasa Malas dan Menjadi Lebih Produktif!

Diperbarui: 21 Oktober 2022   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo on Pixabay

Setiap orang pasti pernah merasa malas. Namun, akan jadi masalah jika kamu terus bermalas-malasan. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang merasa malas, seperti merasa kelelahan atau kurang motivasi hidup, dan sebab lainnya.

Itulah sebabnya kamu mungkin butuh kata mutiara kehidupan agar lebih semangat melakukan banyak hal dan produktif. Dalam praktiknya, ada banyak cara melawan rasa malas yang bisa kamu terapkan agar bisa lebih produktif. 

Cara melawan Rasa Malas

Berikut ini cara melawan rasa malas terampuh yang perlu kamu tanamkan dalam diri agar lebih produktif:

1. Putuskan Apa yang Ingin Dicapai

Kemalasan umumnya disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu. Hal ini dapat diatasi dengan menetapkan tujuan dan target terlebih dahulu. Namun, tujuan yang tidak realistis biasanya akan menjadi berlebihan.

Ini akan membuat pikiran dan keinginan kamu untuk menyelesaikan aktivitas menjadi tidak terkendali. 

Jadi, selalu berusaha untuk menetapkan tujuan yang lebih kecil dari yang dapat kamu capai sesuai dengan kemampuan. Terlebih lagi, diyakini bahwa ini sendiri adalah cara untuk memerangi kemalasan.

2. Hindari Perfeksionisme

Sebuah analisis menunjukan bahwa orang yang berpengalaman akan menjadi lebih perfeksionis dari waktu ke waktu. Lingkungan kerja yang menuntut kesempurnaan membuat anak muda lebih kompetitif. Ini juga membuat mereka lebih kritis terhadap diri sendiri.

Nyatanya, sikap perfeksionis ini sering kali berujung pada perasaan malas dan depresi berat. Jadi jangan berharap terlalu banyak saat beraktivitas. Hindari berjuang untuk kesempurnaan karena itu akan menjernihkan pikiran ketika menghadapi masalah yang tak ada habisnya.

3. Mengatur Kegiatan yang Telah Selesai

Salah satu cara menghilangkan rasa malas adalah dengan membuat rencana. Perencanaan sama pentingnya dengan semangat dan niat dalam mencapai tujuan. 

Jika seseorang realistis, mereka akan menyadari bahwa keterampilan dan waktu mereka sangat penting dalam mencapai tujuan mereka. Membuat rencana, maka akan memberikan panduan dan membangun kepercayaan diri, terutama ketika menghadapi hambatan proses.

4. Mengevaluasi Proses

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline