Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

Mengenal Lebih Jauh 9 Hewan Endemik Indonesia

Diperbarui: 15 Juni 2022   11:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay

Hewan endemik adalah hewan yang sudah hidup di suatu wilayah atau ekosistem tertentu saja dan tidak ada di wilayah lainnya. Maka dari itu, hewan endemik bisa dibilang sebagai hewan yang langka. Meskipun termasuk hewan yang langka, tetapi hewan ini memiliki pesona yang bisa membuat manusia kagum ketika melihatnya. 

Setiap negara biasanya sudah memiliki hewan endemiknya masing-masing, begitu juga Indonesia. Lalu, hewan apa saja yang termasuk hewan endemik Indonesia?

Bagi sebagian orang mungkin sudah tahu salah satu hewan endemik Indonesia yang sudah cukup terkenal hingga mancanegara adalah komodo. Komodo merupakan jenis hewan reptil yang bisa kamu lihat di Nusa Tenggara Timur. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang beberapa hewan endemik Indonesia.

9 Hewan Endemik Indonesia

  1. Badak Sumatera

Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Bukit Barisan, dan Taman Nasional Way Kambas, ketiga taman nasional itu merupakan tempat penangkaran badak Sumatera yang sedang terancam punah. Bahkan, diperkirakan kalau di alam bebas hanya ada 80 ekor saja. Apalagi hewan ini hanya mampu melahirkan satu anak saja setiap 3-4 tahun. 

  1. Gajah Kalimantan

Gajah Kalimantan menjadi hewan endemik Indonesia berikutnya. Uniknya dari gajah ini adalah telinganya yang terlihat cukup besar karena ukuran tubuhnya lebih kecil bila dibandingkan dengan spesies gajah lainnya. Adapun sifat dari gajah ini tidak agresif dan cenderung lembut. 

  1. Harimau Sumatera

Sama dengan namanya hewan pemakan daging ini berasal dari daerah Sumatera. Hewan dengan loreng-loreng pada tubuhnya dengan warna kulit yang paling gelap dengan harimau lainnya membuat hewan ini memiliki daya tariknya sendiri. 

Dikutip dari indonesia.travel, di alam bebas, harimau Sumatera diperkirakan hanya ada 400 ekor saja. Dikarenakan hampir punah, maka hewan ini sudah dirawat di Taman Nasional Kerinci Seblat, Leuser, Pusat Konservasi Harimau Sumatera, dan Kawasan Ekosistem Ulu Masen.

  1. Komodo

Siapa yang tidak kenal dengan hewan endemik Indonesia yang sudah ada sejak lama. Benar sekali, komodo yang hanya kamu temukan di Nusa Tenggara Timur atau lebih tepatnya di Taman Nasional Komodo. Beberapa penelitian menyatakan bahwa hewan komodo ini merupakan salah satu hewan purba yang sudah ada sejak 4 juta tahun yang lalu. 

Meskipun begitu, hewan ini merupakan hewan yang cukup agresif, sehingga cukup berbahaya apalagi memiliki bisa. Oleh sebab itu, untuk melihat hewan ini harus ditemani dengan pawangnya. 

  1. Burung Jalak Bali

Burung dengan Jalak Bali memiliki warna putih yang sangat khas, sehingga terlihat canting. Kicauan dari burung ini terdengar periang dan suka menari-nari di atas air. Kamu bisa lihat burung ini Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

  1. Burung Cendrawasih

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline