Lihat ke Halaman Asli

Grace Tanasya

I love writting, so I can explore my knowledge

Kenali 3 Definisi Kebahagiaan Ini agar Hidup Menjadi Utuh

Diperbarui: 28 Desember 2020   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: freepik

Siapa yang tidak mencari Kebahagiaan? Pasti semua orang ingin mencari dan menempuh Kebahagiaan dalam hidupnya. Demi hidup yang lebih baik, sejahtera dan utuh. Ketika kita mendengar Kebahagiaan, bagaimana cara menempuh Kebahagiaan itu? Lalu apakah bentuk atau hasil dari sebuah Kebahagiaan? Apakah secara fisik kita dapat memegang atau melihat tersebut? Ataukah secara non fisik kita dapat merasakannya? Ternyata definisi Kebahagiaan itu luas, meski luas tetapi sebenarnya itu dekat di sekitar kita lho!

1. Menyadari ketika kita dicintai oleh Tuhan Sang Maha Pencipta
Kita ini insan manusia yang dicintai, dipedulikan dan dipelihara oleh Tuhan. Kita ini diciptakan secara spesial dan spesifik oleh Sang Pencipta. Karena kita diberi banyak bekal yaitu akal  budi, pengetahuan, hikmat, dan kebijaksanaan. Tuhan tidak akan meninggalkan kita begitu saja tanpa bekal apapun.

spiritual-prayer-hands-sun-shine-with-blurred-beautiful-sunset-1150-7173-5fe9a1868ede4804b75fb062.jpg

2. Kebahagiaan dimulai dari diri sendiri
Kebahagiaan sejati dimulai dari diri sendiri. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan Kebahagiaan diri sendiri, antara lain seperti melakukan hobby atau passion kita, menerima diri kita apa adanya (Accept yourself), mensyukuri apa yang telah kita miliki (Practice Gratitude), membangun relasi dan support system yang kuat (Network of Family and Friends), menjadi relawan atau volunteer dalam aksi sosial, merencanakan tujuan atau rencana untuk masa depan (Make Plans for your future), dan masih banyak lagi.

love-yourself-concept-photo-lovely-smiling-woman-embraces-herself-has-high-self-esteem-closes-eyes-from-enjoyment-273609-25478-5fe9a27ed541df4ae7436a42.jpg

3. Kebahagiaan untuk sesama
Setelah kita penuh dan utuh oleh Kebahagiaan diri pribadi, baru kita bisa membagikannya kepada orang lain dengan motivasi tulus ikhlas. Manusia yang berguna  adalah ketika manusia bisa memberi manfaat bagi sesama. Mulai dari berbagi atau memberi sesuatu yang baik bagi sesama. Banyak instrumen yang dapat kita beri ke orang sebagai tanda perhatian atau tanda kasih kita, yang dikenal dengan "5 Bahasa Kasih" antara lain Pemberian Hadiah (Gift), Waktu Kualitas (Quality Time), Kata-kata Cinta (Word of Affirmation), Sentuhan (Physical Touch), Melayani (Act of Service).

mom-this-flowers-are-you-329181-2536-5fe9a3748ede4847c438fe22.jpg

Memang definisi Kebahagiaan itu luas, namun kita patut refleksi kepada diri kita masing-masing, menanyai diri kita "Apakah definisi Kebahagiaan bagi kita pribadi?"
Hidup ini tentang memberi dan memberi (Give and Give), bukannya mengambil dan memberi (Take and Give) yang mana bersifat transaksional atau pemberian bersyarat. Tentunya, pemberian yang tulus ikhlas akan meninggalkan memori indah , rasa puas bagi pemberi karena telah berbuat kebaikan.

Untuk memudahkan langkah aksi kita dalam membagi Kebahagiaan, JNE telah menyediakan pelayanan yang terbaik bagi kita semua. Semua dilakukan secara mudah, cepat dan praktis. JNE dalam visi misinya akan mewujudkan keberlangsungan hidup sesama manusia agar lebih mudah dan terjangkau. Kebutuhan, biaya, waktu dan jarak bukanlah menjadi halangan bagi setiap manusia untuk berbuat kebaikan.

#jne #jne30tahun #connectinghappiness #30tahunbahagiabersama




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline