Lihat ke Halaman Asli

GSC

Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Bisnis Apa yang Cocok dengan Gen Z?

Diperbarui: 29 April 2023   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Generasi Z atau yang sering disebut sebagai "Digital Natives" adalah kelompok usia yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi ini tumbuh dan dibesarkan di tengah perkembangan teknologi yang pesat dan koneksi internet yang terus berkembang. Oleh karena itu, bisnis yang cocok untuk Generasi Z haruslah bersifat inovatif dan berbasis teknologi.
Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang cocok untuk Generasi Z:


Bisnis E-Commerce
Bisnis e-commerce atau toko online adalah bisnis yang cocok untuk Generasi Z. Karena hampir semua orang di Generasi Z terbiasa dengan belanja online dan membeli barang secara daring. Hal ini karena mudah dan praktis serta waktu pembelian lebih fleksibel. Untuk membuka bisnis e-commerce, tidak diperlukan modal besar, cukup dengan memiliki toko online dan menggunakan platform e-commerce yang sudah tersedia.


Bisnis Video Creator
Generasi Z terbiasa menggunakan platform media sosial seperti Youtube, Instagram, dan Tiktok. Sebagai Video Creator atau konten kreator, Generasi Z dapat membuat video unik dan kreatif untuk menarik perhatian audiens mereka. Dalam bisnis ini, kualitas dan kreativitas konten sangat penting untuk memenangkan persaingan dan menjadi populer di media sosial.


Bisnis Aplikasi Mobile
Bisnis aplikasi mobile sangat cocok untuk Generasi Z karena hampir semua orang di Generasi Z menggunakan smartphone. Dengan adanya aplikasi mobile, pelanggan dapat membeli produk dan layanan dengan mudah. Aplikasi mobile dapat menjadi solusi bagi perusahaan untuk meningkatkan penetrasi pasar dan meningkatkan loyalitas pelanggan.


Menjadi Konsultan Media Sosial
Generasi Z sangat terampil dalam penggunaan media sosial, sehingga bisnis konsultan media sosial bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam bisnis ini, Generasi Z dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan jumlah pengikut di media sosial dan meningkatkan branding perusahaan melalui strategi pemasaran di media sosial.

Menjadi Trader dan Investor

Kemajuan teknologi yang diiringi dengan berkembangnya pengetahuan kita soal pentingnya mengatur keuangan membuat traffic trading dan investasi juga semakin bertambah. Ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi-aplikasi dan alat bantu trading yang memudahkan kita untuk melakukan trading dan investasi di manapun dan kapanpun dengan sistem pembayaran yang juga semakin mudah dan cepat seperti aplikasi bibit, stockbit, ajaib, tradepay, dan lainnya. Fleksibilitas ini yang membuat aktivitas trading dan investasi diminati oleh Generasi Z sehingga mereka bisa mendapatkan income tambahan tanpa harus terus menerus memantau bisnisnya sehingga waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk mengurus bisnis lain. 

Menjadi Desainer Grafis
Desain grafis sangat penting dalam pemasaran digital dan dapat membantu perusahaan untuk memperkenalkan merek dan produk mereka dengan cara yang lebih menarik. Bisnis desain grafis cocok untuk Generasi Z yang kreatif dan terampil dalam menggunakan berbagai jenis perangkat lunak desain grafis.


Bisnis Virtual Reality (VR)
Virtual Reality adalah teknologi yang semakin berkembang, dan Generasi Z sangat antusias dalam menggunakannya. Bisnis Virtual Reality cocok untuk Generasi Z yang ingin mengembangkan teknologi dan mengeksplorasi pasar yang belum terjamah. Bisnis Virtual Reality dapat membuka peluang baru untuk pengalaman konsumen yang menarik dan unik.
Dalam memulai bisnis, Generasi Z harus tetap mengikuti tren dan teknologi terbaru. Selain itu, Generasi Z harus berani mengambil risiko dan terus mencoba hal-hal baru. Dalam melakukan bisnis, Generasi Z harus memiliki visi jangka panjang, menjaga kualitas produk atau layanan, serta memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline