Lihat ke Halaman Asli

Mengajarkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini dengan Mencuci Tangan pada Anak-anak dengan Pendekatan Cerita Kreatif

Diperbarui: 28 November 2023   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pentingnya mencuci tangan tidak hanya sekedar rutinitas, namun juga langkah awal dalam pencegahan penyakit. Mahasiswa IPB University berusaha tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membentuk kebiasaan sehat sejak dini. Dengan pendekatan yang kreatif dan edukatif, mahasiswa IPB melibatkan anak-anak Taman Kanak-Kanak dalam berbagai kegiatan menyenangkan sekaligus mendidik. 

Anak-anak saat ini termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap infeksi bakteri. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan dan lingkungan tempat anak bermain, sehingga memungkinkan kuman tetap ada dan masuk ke dalam tubuh melalui tangan kosong. Selain itu, anak umumnya memiliki rasa ingin tahu dan suka menyentuh, membawa, dan meletakkan barang-barang yang mungkin terkontaminasi kuman. Oleh karena itu, tidak heran jika anak mudah atau sering menderita sakit perut, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Escherichia coli dan Enterobius vermicularis.

Praktek Mencuci tangan yang baik dan benar (Dokpri)

Kegiatan berjudul "Magicloud" yang diuraikan menjadi "Menjunjung Kebersihan untuk Menjaga Masyarakat, Menganjurkan Perilaku Bersih, Rajin Mencuci Tangan, Ayo Makan!" dilaksanakan pada Rabu tanggal 22 November 2023 pukul 8.30 WIB di Taman Kanak-Kanak Mexindo yang beralamatkan di Jl. Malabar No. 4 oleh para mahasiswa prodi Analisis Kimia.

Kebersihan lingkungan erat kaitannya dengan kesehatan. Lingkungan yang bersih membantu mencegah serangan virus dan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk mengajarkan anak tentang kebersihan sejak dini. Anak-anak yang diajarkan cara menjaga kebersihan akan terbiasa mempraktikkannya terus-menerus hingga dewasa. Termasuk mencuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membiasakan pola hidup sehat sejak dini dengan menanam kebiasaan mencuci tangan yang baik dan benar sebelum makan khususnya anak-anak TK Negeri Mexindo yang nantinya menjadi suatu kebiasaan sehat bagi mereka.

Mulai dari cerita interaktif yang menarik perhatian anak hingga permainan dan pertanyaan kreatif yang melibatkan anak (23) menciptakan suasana yang menarik dan mendidik tentang pentingnya pola hidup sehat. Dan praktek langsung oleh mahasiswa dengan mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar sebelum anak-anak akan makan siang.

"Hari ini, Anak-anak sangat senang sekali bisa belajar sama kakak-kakak mahasiswa cara mencuci tangan yang baik. Mereka bahagia bermain bersama para Kakak mahasiswa dan dapat hadiah sampai sudah dibuka hadiahnya. Sering-sering ya ke TK Negeri Mexindo!" kesan salah satu Ibu Guru di TK Negeri Mexindo

"Acara pengabdian masyarakat ini merupakan tugas dari mata kuliah mikrobiologi dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif terhadap tingkat pengetahuan anak-anak TK Negeri Mexindo mengenai pentingnya mencuci tangan" - Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Pengabdian.

Inilah bukti nyata bahwa melalui pengabdian masyarakat, mahasiswa IPB tidak hanya menjadi agen perubahan, tetapi juga sahabat dalam menyebarkan kebaikan dan kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Sebuah langkah positif untuk masa depan yang lebih cerah dan sehat dimulai dari sejak dini 

Anak-anak senang ketika mendapat hadiah (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline