Lihat ke Halaman Asli

Grace Pintaomas

Mahasiswa Universitas Airlangga

Wattpad Vs Alternate Universe (Twitter) di Indonesia

Diperbarui: 8 Juni 2022   15:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pribadi

Cerita fiksi berarti cerita yang tidak terjadi sebenarnya. Secara lebih luas, pengertian cerita fiksi adalah sebuah karya satra yang bersifat imajinasi atau khayalan dari penulis dan bukan kejadian yang sebenarnya. Cerita fiksi dapat dikemas dalam berbagai bentuk salah satunya novel. 

Dahulu, novel identik dengan sebuah buku tebal yang berisikan cerita fiksi mengenai seorang tokoh utama cerita. Tetapi seiring berjalannya waktu, mulai ditemukan terobosan-terobosan berupa akses untuk membaca novel secara online.

Semenjak tahun 2010-an, khususnya di Indonesia, penulis sebuah cerita fiksi yang bersifat seperti novel tidak perlu mengumpulkan naskah tulisannya ke penerbit secara konvensional. 

Para penulis khususnya anak-anak muda Indonesia dapat membuat sebuah cerita fiksi yang bahkan dapat diterbitkan menjadi novel melalui platform seperti aplikasi Wattpad. Wattpad tidak hanya memfasilitasi penulis untuk berkarya tetapi juga pembaca untuk menikmati cerita fiksi tersebut. 

Tak selang beberapa tahun, mulai muncul trend mengenai penggunaan media sosial Twitter sebagai tempat untuk menuliskan cerita fiksi yang biasa dikenal dengan sebutan Alternate Universe atau AU di kalangan anak muda masa kini.

Tidak sedikit orang yang mempertanyakan sebenarnya mana yang lebih baik, Wattpad atau Alternate Universe? Dari pertanyaan ini, saya melakukan riset singkat dalam lingkup pertemanan saya yang pernah menggunakan kedua platform ini.

Dari aspek penarik minat pembaca, Wattpad cenderung menggunakan sistem ranking. Sistem ini berlaku tidak hanya untuk keseluruhan cerita, tetapi juga untuk topik-topik yang terkandung dalam sebuah cerita fiksi. 

Di lain sisi, Alternate Universe menggunakan sistem like dan retweet yang mengakibatkan sebuah cerita dapat berada di timeline akun seseorang. 

Tetapi sebenarnya kedua sistem ini kurang efektif, hal ini dikarenakan penilaian cerita fiksi cenderung bersifat subjektif, yang berarti menyesuaikan dengan selera seorang. Rank tinggi serta like dan retweet yang banyak tidak menjamin bahwa cerita fiksi tersebut selalu 'bagus' di mata calon pembaca.

Dari aspek tampilan, Wattpad cenderung seperti versi digital dari sebuah novel. Penulis dapat melampirkan foto maupun video hingga audiobook sebagai sampul dan di dalam sebuah episode. Pembaca dapat memberikan komentar untuk setiap kalimat maupun gambar dari sebuah episode. 

Sedangkan pada Alternate Universe, tampilannya cenderung menggunakan fake chat seperti pada Whatsapp maupun iMessage. Selain itu, penulis juga dapat menambahkan foto, video, maupun link tulisan yang berbentuk seperti Wattpad (contohnya writeas dan medium). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline