Lihat ke Halaman Asli

Harmoni di Pantai: Membangun Hubungan Tim yang Kokoh Melalui Komunikasi

Diperbarui: 14 Juni 2024   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Refleksi 5 Tim Gajayana

Pada tanggal 11 Mei 2024 kami tim modul nusantra gajayana melakukan refleksi di pantai Tanjung Penyu. Pantai Tanjung Penyu berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan menempu jarak 64,2km atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Malang. Pantai ini memiliki pesona alam yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih dan air laut  yang jernih, serta batuan yang terbentuk dengan sedirinya di sekitar pantai.Kami melakukan kegiatan refleksi pada sore hari sehingga masih banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Refleksi kali ini dipandu langsung oleh dosen modul nusantra kami yaitu Ibu Santi, serta di monitoring oleh tim PMM dari Universitas yaitu Prof Suyono selaku direktur akademik Universitas Negeri Malang.

Refleksi kali ini dilakukan dengan membuat satu buah lingkaran, permainan dimulai dengan memilih salah satu orang untuk memulai, orang ini akan melempar barang ke anggota lain  kemudian orang yang menerima barang tersebut harus memberikan deskripsi singkat kepada orang yang melempar, dan seterusnya hingga semua anggota tim mendapatkan giliran. Permainan ini disebut dengan lempar deskripsi.

Refleksi kali ini bertujuan untuk memperkuat, membangun kepercayaan, dan komunikasi di dalam anggota tim. Serta permainan ini dapat mempererat hubungan sosial antara satu sama lain karena permaian ini membantu kita untuk saling mengenal lebih baik untuk membangun ikatan yang lebih kuat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline