Lihat ke Halaman Asli

Graceesthr

communication

Mau Jadi Reporter? Ini Etika Wawancara yang Harus Kamu Ketahui

Diperbarui: 25 April 2021   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Etika merupakan ilmu yang harus diketahui dan dimiliki oleh semua orang karena sudah diajarkan sedari kita kecil. Etika adalah aturan atau norma yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di tengah masyarakat. Bagaimana cara kita bersikap kepada orang yang lebih tua dan bagaimana cara kita mengetahui mana yang baik dan tidak baik adalah contoh kecil dari etika sehari-sehari.

Sedangkan wawancara berarti kegiatan tanya jawab antara dua orang dengan tujuan untuk memperoleh informasi penting. Informasi ini dapat berupa data, pendapat, ataupun penjelasan singkat. Biasanya yang sering melakukan kegiatan wawancara adalah reporter.

Seorang reporter bertugas untuk memperoleh informasi dari narasumber yang kemudian akan dilaporkan ke publik. Ternyata wawancara bukan hanya sekadar tanya jawab, ada aturan atau etika yang harus dipatuhi oleh Reporter. Berikut ini adalah etika reporter dalam wawancara:

1. On the record
Nama dan jabatan narasumber serta semua hasil wawancara boleh dimuat dalam berita. Biasanya narasumber adalah orang-orang penting yang biasa berurusan dengan masyarakat luas seperti pejabat pemerintahan, selebriti, dan pengusaha besar.

2. Off the record
Keterangan yang diberikan oleh narasumber bukan untuk dimuat dalam berita dan disebarluaskan. Dalam hal ini, narasumber tidak ingin apa yang dikatakannya menjadi konsumsi berita publik karena informasi tersebut bersifat rahasia. Informasi itu bisa dipakai sebagai bahan pengetahuan reporter saja.

3.  Deep background
Informasi bisa dimuat, tapi tidak boleh menggunakan kutipan langsung atau menyebut nama, jabatan, dan instansi narasumber. Biasanya, digunakan istilah "Diperoleh kabar bahwa, ..."

4. Background
Boleh menggunakan kutipan langsung atau menyiarkan keterangan apapun yang diberikan, tetapi tanpa menyebutkan nama dan jabatan narasumber sebagai sumbernya. Biasanya, digunakan istilah "menurut salah satu sumber dari departemen/badan..."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline