Lihat ke Halaman Asli

Go Up Agency

Konsultan Digital Marketing

Optimasi Shopee: Membuat Kinerja Toko Menjadi Optimal

Diperbarui: 30 Oktober 2023   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Siapa yang tidak kenal Shopee? Baik penjual ataupun pembeli pasti tidak asing dengan Shopee. Apa lagi dengan promosi yang diadakan setiap bulan pada tanggal kembar, seperti 11.11 dan 12.12. Para penjual bersama-sama membuat harga coret pada event tanggal kembar. Sedangkan para pembeli, berboyong-boyong datang untuk membeli keperluan mereka dengan harga yang lebih murah.

Namun,, jika tidak ada tanggal kembar ini, apakah anda pernah bertanya-tanya bagaimana penjualan akan optimal? Apakah baik toko baru bisa mengikuti segala macam event shopee? Atau hanya yang sudah well established saja? Jika demikian,untuk meningkatkan penjualan di Shopee secara signifikan, rahasianya ada pada optimasi Shopee dengan perencanaan yang baik.

Faktor Penting untuk Optimasi Shopee

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai faktor penting untuk optimasi Shopee. Dari pemahaman algoritma Shopee sampai cara membuat promosi yang efektif. Dengan memahami isi dari artikel ini, anda akan melangkah lebih maju dalam pemahaman mengenai optimasi Shopee.

Algoritma Shopee

Algoritma Shopee sangat cerdas. Shopee menggunakan sistem untuk pencarian produk dengan menggunakan algoritma. Hal ini yang menentukan produk mana yang akan muncul pada bagian atas dan pada bagian bawah pada suatu pencarian.

Sebagai contoh, anda memiliki toko yang menjual snack makanan Indonesia, seperti basreng, lidi, cimol kering, kuaci, dsb. Pastikan judul dan deskripsi dari setiap produk memiliki kata kunci yang relevan. Hal ini untuk membuat toko anda muncul pada bagian atas halaman result pencarian ketika calon pembeli mencarinya produk yang diinginkan.

Untuk penjelasan lebih dalam, ada beberapa hal yang menentukan hasil pencarian, yaitu:

  • Relevance

Kata kunci yang relevan dengan produk yang dijual, akan membuat produk memiliki peringkat atas dalam halaman result pencarian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika anda menjual basreng pada toko anda dengan berbagai macam rasa, pastikan pada produk tersebut diberikan kata kunci yang tepat pada judul dan deskripsinya. Misalnya, ada halaman khusus untuk basreng rasa daun jeruk, bisa menggunakan kata kunci 'basreng daun jeruk'.

  • Popularity

Jika toko memiliki produk yang populer yang banyak dicari oleh pembeli, maka toko anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dengan produk yang dicari pada halaman result. Contoh, basreng daun jeruk sedang banyak peminatnya, dan toko anda menjual basreng daun jeruk, maka ketika calon pembeli mengetikan kata kunci 'basreng daun jeruk', toko anda akan ada pada peringkat atas pada halaman result.

  • Conversion Rate

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline