Lihat ke Halaman Asli

Go Up Agency

Konsultan Digital Marketing

Logo yang Tepat: Cerminan Kuat Identitas Perusahaan

Diperbarui: 19 September 2023   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Logo merupakan salah satu begian terpenting dalam membangun bisnis. Seperti yang dapat dilihat beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali perusahaan starup yang bermunculan. 

Pada 2023, dilansir dari hubstpot.com ada lebih banyak startup yang bermunculan, khususnya pada bidang fintech, AI, blockchain technology, dan data management.

 Tidak beda halnya dengan pertumbuhan cafe yang menyuguhkan kopi sebagai menu unggulannya. melansir dari Ottencoffee.co.id, walaupun diterpa isu resesi pada 2023 ini, nyatanya meminat kopi semakin tinggi angkanya begitupun dengan jumlah cafe baru. 

Tetapi, apakah menggunakan logo yang tepat?Apakah logo yang digunakan dapat menggambarkan identitas perusahaan tersebut? Artikel ini akan membantu untuk memahami lebih lanjut, bagaimana ciri-ciri logo yang tepat dan dapat menggambarkan identitas perusahaan, beserta langkah-langkah pembuatannya.

Ciri-Ciri Logo yang Tepat

Unik dan Mudah Diingat 

Fungsi utama logo adalah sebagai pembeda suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Logo sendiri dapat berupa tulisan, gambar dan gabungan dari keduanya. Para pemilik perusahaan harus jelih dalam menentukan logo untuk perusahaannya. Jangan sungkan untuk melihat brand-brand besar seperti Starbucks, Apple, Uniqlo, dsb untuk menjadi acuan pemilihan logo. 

Perhatikan brand-brand besar pilihan anda dalam pemilihan warna, gambar dan tulisan. Apakah mereka menggunakan warn hangat atau dingin pada logonya? Untuk mempresentasikan apa warna-warna yang ada pada logo tersebut? Jika ada gambar, gambar apa yang digunakan? Untuk mempresentasikan apa kepada para customers? Font seperti apa yang digunakan? Dalam bentuk italic, bold atau normal? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang harus anda list, untuk membantuk membuat logo yang tepat bagi perusahaan ada.

Memrepresentasikan Produk yang Dijual

Tujuan utama adanya logo adalah untuk mempresentasikan perusahaan. Pada saat orang melihat logo perusahaan anda, mereka akan mengetahui barang atau jasa apa yang anda jual. 

Contoh logo yang tepat dalam mempresentasikan produk atau jasa yang dijual adalah Coffee Bean dan Pizza Hut. Begitu orang melihat Coffee bean, makan orang akan mengetahui kalau produk yang dijual adalah kopi. Sedangkan, untuk Pizza Hut, orang juga akan langsung mengetahui kalau yang dijual adalah pizza. 

Untuk mempermudah anda dalam menentukan image apa yang anda ingin orang pahami ketika melihat logo perusahaan anda, anda dapat melihat dari visi misi, value proposition serta unique selling point dari perusahaan ada.

Simple dan Applicable

Setelah anda mendapatkan contoh-contoh logo dari beberapa brand besar sebagai inspirasi, hal selanjutnya yang penting dalam pembuatan logo yang tepat untuk perusahaan anda, pastikan design logo yang akan anda gunakan itu simple dan applicable. Bagaimana Itu maksudnya? 

Maksudnya adalah dalam Design logo yang telah anda buat, dapat terlihat jelas dalam ukuran kecil maupun besar. Tidak hanya itu, design logo yang baik juga dapat dikenali pada saat ditampilkan dalam versi hitam putih. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline