Lihat ke Halaman Asli

Gordi SX

TERVERIFIKASI

Pellegrinaggio

Menengok Situasi Perang Lewat Il Monumento al Partigiano di Parma

Diperbarui: 13 November 2016   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

il monumento al partigiano parma|Dokumentasi pribadi

Setiap prajurit perang mempunyai alasan yang tulus untuk melakukan peperangan.Ada prajurit yang berperang demi membela negara atau daerah atau kerajaannya.

Niat ini memang tidak selalu tulus. Ada juga niat yang dipaksakan karena dibayar dengan uang. Lihatlah banyak prajurit perang di Afrika yang dipaksakan untuk berperang. Mereka dicuci otaknya agar melihat semua orang sebagai musuh. Tak kenal itu keluarga dan ras mereka. Semuanya musuh yang harus dihabiskan.

Perang di Eropa selalu menjadi bahan yang menarik untuk ditelusuri sejarahnya. Jika Anda belum akrab dengan sejarah perang Eropa, saya anjurkan untuk membaca buku PERANG EROPA, 3 jilid. Buku ini menarik karena ditulis dengan gaya tutur. Ditulis oleh satu dari dua pendiri KOMPAS, Pak Petrus Kanisius Ojong.

Seperti buku perang serupa yakni PERANG PASIFIK, buku ini menjadi incaran banyak penggemar buku sejarah. Saya memburu buku ini di perpustakaan kampus di Jakarta dulu. Sayang, saya hanya berhasil membaca jilid 1, dengan tebal hampir 500-an halaman.

Dua jilid berikutnya saya baca di Yogyakarta setelah kuliah di Jakarta berakhir. Itu pun saya titip di teman mahasiswa Universitas Sanata Dharma agar bisa meminjamkannya di perpustakaan kampus mereka.

Di Italia, perang menjadi bagian dari sejarah. Bukan saja perang melawan bangsa lain tetapi juga perang antara kerajaan di wilayah Italia. Perang ini berlangsung berabad-abad sebelum terjadinya peristiwa kemerdekaan (liberazione) pada 1946 yang lalu. Saat itu Italia bebas dari genggaman kaum fasis dan nazi.

Dalam buku PERANG EROPA, PK Ojong mendeskripsikan situasi perang Eropa. Banyak prajurit yang berjuang mempertahankan daerah kekuasannya. Ada yang gugur di medan perang, ada pula yang terus bergerilia agar daerah mereka tetap terjaga.

Situasi semacam ini ditemukan juga di kota-kota di Italia. Di setiap kota ada daftar para prajurit perang. Di Parma, sampai saat ini, masyarakat masih mengingat dengan baik situasi kejamnya perang itu.

Bahkan, beberapa kali saya mendengar langsung kisah heroik mereka saat itu. Dibawa keluar Italia oleh prajurit dari Jerman, menjadi pesuruh sampai ke Inggris, lalu kembali ke Italia. Terus menggelorakan semangat juang mempertahankan tanah airnya.

Betapa mereka menderita demi misi yang tulus itu. Mereka rela mati demi kota mereka. Mereka berjuang sampai tetes darah membasahi tanah kelahiran mereka. Mereka tidak ingin dianggap kalah sebelum bertanding. Mereka ingin menang di atas tanah sendiri.

Jasa mereka besar dan pantas dihormati dan bukan dikenang saja. Di Parma, bentuk penghormatan ini tidak main-main. Ada patung besar berada di tengah taman kota (Piazza della pace) untuk mengenang jasa mereka. Patung itu dikenal dengan sebutan Il monumento al partigiano.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline