Lihat ke Halaman Asli

Gordi SX

TERVERIFIKASI

Pellegrinaggio

Menjadi Youtuber Kreatif a la Remaja Kota Milan

Diperbarui: 27 September 2016   01:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sofia Viscardi, FOTO: famigliacristiana.it

Usianya masih muda, 18 tahun, tetapi karyanya sudah seperti orang dewasa. Usia ini bagi orang Italia masih tergolong remaja. Bahkan, ada yang berguyon masih anak-anak.

Dia adalah Sofia Viscardi dari kota Milan, Italia. Sofia adalah youtuber muda yang selalu membarui kanal youtube-nya setiap minggu. Di youtube itulah dia membagikan kisah remajanya. Jangan heran jika video-video yang dia unggah berbicara tentang kekayaan kehidupan seorang remaja.

Ada kalanya dia membagikan kisah bersama teman-temannya di sekolah. Ada pula kisah bermain bersama di luar jam sekolah. Singkatnya, kanal youtube-nya ini berbicara tentang cinta, persahabatan, hubungan antara remaja dan orang dewasa khususnya orang tua.

cuplikan FOTO dari video terakhir di kanal youtube Sofia tentang pertunjukkan di Torino, FOTO: facebook Sofia

Melalui kisah bertemakan demikian, Sofia pun tak segan-segan membagikan kisah dalam perjalanan misalnya. Saat ia dan teman-temannya mengadakan kunjungan ke sebuah kota. Di dalam bis atau kereta, mereka saling berguyon, menyanyi, bermain, bahkan saling berdebat. Siapa sangka, kisah-kisah remaja demikian justru menjadi sumber inspirasi bagi Sofia untuk meraciknya menjadi sebuah video.

Di tangan Sofia, kisah remaja itu diracik menjadi kisah menarik dengan menyelipkan pesan cinta, persahabatan, dan saling hormat. Juga hubungan yang baik bukan saja dengan sesama remaja tetapi juga dengan orang dewasa.

Sofia memang terkenal di kanal youtube. Di Italia, dia dikenal sebagaiyoutubermuda nan kreatif. Sampai saat ini, kanal youtube-nya sudah dikunjungi dan dikomentari oleh sekitar 570.000 pengunjung. Sedangkan di instagramnya sudah dikunjungi oleh 1,1 juta pengunjung. Belum lagi di situs sosial lainnya seperti facebook dan twitter.

Sofia menaruh kebenaran sebagai modal utama di balik semua videonya, FOTO: facebook Sofia

Sofia berkelana menjadi youtuber sejak usia 15 tahun. Berarti sejak 3 tahun lalu. Angka yang kiranya fantastis melihat kiprahnya baru seumur jagung. Termasuk hebat, dalam tempo 3 tahun, kanal youtube-nya sudah dikunjungi ratusan ribu pengunjung.

Dia memang hobi membuat video sederhana. Jangan heran jika kehidupannya direkam dalam video. Setiap minggu selalu ada video baru yang diraciknya. Bahkan kadang-kadang dalam seminggu dia membuat lebih dari satu video.

Sofia memang bukan satu-satunya youtuber muda nan kreatif di Italia bahkan di Eropa. Ada banyak youtuber remaja lainnya seperti dia. Tetapi, Sofia termasuk youtuber unik. Dia bukan saja membuat video setiap minggu. Dia juga menulis buku.Jadi, tugasnya memang bukan saja merekam peristiwa lalu membuatnya menjadi video. Tetapi juga menulis buku.

Sofia memenuhi permintaan pembeli untuk menandatangani bukunya, FOTO: lastampa.it

Bukunya yang berjudul Succedeini juga menjadi best seller di Italia. Banyak remaja dan orang tua membaca bukunya ini. Pada dua bulan pertama sejak diterbitkan, bukunya dicetak 7 kali dan jumlahnya lebih dari 50.000 buku.

Buku ini memang berbicara tentang kehidupan seorang remaja, Margherita, di kota Milan. Dari judulnya bisa ditebak arah ceritanya. Kata succededalam bahasa Italia berasal dari kata dasar succedere yang berarti sesuatu yang (sudah) terjadi pada seseorang/sesuatu. Kata dasar ini bisa juga berarti orang yang sukses saat diubah menjadi successo. Tepat kiranya Sofia memberi judul ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline