Ingin masuk industri digital marketing tapi belum punya banyak pengalaman? Go Mobile merangkum tips dan trik supaya langkahmu jadi lebih mudah!
Marketing sering diasosiasikan dengan penjualan dan keuntungan. Lebih dari itu, seorang marketer yang baik memiliki kemampuan strategis untuk menganalisa pasar dan membuat solusi out of the box.
Bidang yang dikuasai digital marketer
Produksi materi, merancang kampanye, analisis dan optimasi iklan menjadi kemampuan dasar yang harus dikuasai. Pekerjaannya berkaitan erat dengan media sosial, email, situs pencarian, atau blogger. Cakupan tugas di dalamnya termasuk search engine optimization (SEO), pay-per-click marketing (PPC), content marketing, web analytics, affiliate marketing, mobile atau app marketing. Digital marketing merupakan industri yang berkembang dengan pesat. Apa yang menjadi tren di tahun ini, belum tentu masih digunakan pada tahun selanjutnya. Untuk itu, terus perbarui ilmu yang dimiliki dan ketahui update perkembangan berita teknologi terkini.
Langkah yang bisa diambil
1. Forum digital
Ikuti banyak workshop dan kegiatan pengembangan kemampuan. Selain mendapat ilmu baru, kamu juga dapat memperluas jaringan dengan teman di industri yang sama! Hal ini akan sangat berguna khususnya saat kamu saling membutuhkan teknologi atau expertise satu sama lain.
2. Freelance
Kembangkan skill dengan membuka peluang mengerjakan proyek kecil atau besar. Ini akan melatihmu memiliki jiwa kreatif dan menguasai lapangan. Ingat, dunia kuliah dan kerja tidak sama. Di saat kerja, kamu memiliki capaian dari klien yang harus kamu penuhi secara maksimal. Freelancing dapat mendukung portofolio mu semakin baik.
3. Magang di agensi iklan
Ikuti program magang di agensi iklan. Kamu dapat memperoleh pengalaman bekerja dengan multi bidang mulai dari bisnis, analisis, dan saluran komunikasi. Gunakan kesempatan ini untuk menemukan passion dan arah karir ke depan. Dalam agensi ada banyak peluang karir seperti Account Manager, Sales Manager, Strategic Planner, Analist, atau Project Manager.
4. Brand Marketing
Bekerja untuk sebuah brand sangat cocok untuk orang yang menyukai fokus pada satu produk. Kamu dapat memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang cara mempromosikan jenis bisnis tertentu dan cara menggunakan instrumen yang tepat.
Memulai dari posisi Junior
Jangan khawatir, selalu ada tempat untuk yang baru memulai. Meskipun persaingan sengit, banyak industri yang membuka lowongan seperti posisi Junior. Setiap tahun, anggaran iklan digital terus bertambah sehingga banyak SDM yang dibutuhkan oleh agensi iklan. Mereka akan sangat senang berinvestasi pada Junior yang akan melanjutkan karir di perusahaan.
Jika masih belum berani melamar posisi Junior, kamu bisa mempertimbangkan posisi magang. Biasanya, agensi selalu membuka lowongan untuk pekerja magang dan brand cenderung mempekerjakan asisten meskipun mereka tidak sedang memiliki posisi yang kosong.
Gaji
Gaji dalam industri digital sering dikaitkan dengan KPI (indikator kinerja) yang ditetapkan oleh pemberi kerja. Ini adalah peluang besar bagi perusahaan untuk mengevaluasi kinerja secara finansial dan menghitung ROI para spesialis.
Latar belakang pendidikan
Gelar dalam periklanan, PR, dan pemasaran dapat dianggap relevan untuk industri ini. Penting diingat bahwa teknologi terus berkembang, ada instrumen digital baru yang belum tentu didapat dari jenjang pendidikan formal, untuk itu penting untuk terus menimba ilmu dari berbagai sumber. Blog karir Classy Career Girl menyarankan siapa pun yang ingin memulai karir digital marketing untuk memahami bagaimana cara kerja dan cara membaca analitik seperti dasar-dasar metrik dalam media sosial dan Google Analytics!