Lihat ke Halaman Asli

Anak Muda, Masih Takut untuk Terjun ke Startup? Simak Apa Kata Jack Ma Berikut Ini!

Diperbarui: 11 Januari 2016   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“The best asset you have is that you are young” — Jack Ma.

[caption caption="Sumber foto: Forbes."][/caption]

 

Anda pasti sudah mengenal Jack Ma, sosok di balik kesuksesan Alibaba Group, sebuah perusahaan e-commerce yang berbasis di Hangzhou, yang kredibilitas dan popularitasnya telah mendunia. Sosok fenomenal yang lahir pada 10 September 1964 ini juga merupakan pengusaha asal Cina pertama yang tampil sebagai cover majalah Forbes. Awalnya, begitu banyak pihak yang mendiskreditkan ide dan kemampuannya yang menganggap bahwa di masa depan, Internet akan menjadi ‘ladang bisnis’ yang sukses. “Nobody believe I could be successful,” sebutnya.

Pada awal merintis Alibaba Group, Jack Ma menyebutkan bahwa revenue yang ia peroleh bahkan tidak mencapai US$ 1. Akan tetapi, kondisi ini sama sekali tidak membuatnya menyerah. Ketika ia memperoleh kesempatan untuk bertemu tokoh-tokoh ternama seperti Bill Gates, Warren Buffet, hingga Larry Page, satu kesamaan penting yang ia pelajari dari tokoh-tokoh tersebut adalah bahwa mereka tidak pernah menyerah; mereka selalu mencari cara untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi. Terbukti, saat ini usaha yang ia rintis telah mencapai hasil yang fantastis, dan tentunya nama Jack Ma pun mendunia.

Mengenai dorongan yang ia sampaikan kepada para pemuda, ia menyerukan agar anak-anak muda tidak seharusnya takut untuk terjun ke dunia startup. Ma mengamati bahwa begitu banyak anak muda yang memiliki segudang ide yang fantastis. “Make the move, make action,” ujarnya ketika berkesempatan untuk berbicara di depan publik yang mayoritas terdiri dari para pemuda. Satu hal lain yang disampaikan Ma, “you have to work very hard, either work for the others or work for yourself, and I choose the way to work for myself, but working for myself that means working for society,” menjadi landasan bagi tim GNEWS yang terdiri dari anak-anak muda yang termotivasi untuk berkarya, guna memudahkan pencarian masyarakat yang haus akan informasi dan berita dari berbagai topik. Psst, Anda sudah bisa mengunduh aplikasi GNEWS di sini!

Kunjungi fanpage kami untuk menyimak videonya secara menyeluruh.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline