Lihat ke Halaman Asli

Para "Juri-juri Duniawi"

Diperbarui: 23 September 2023   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

    Hidup bukanlah sebuah perlombaan,dimana tujuan utama kamu adalah menjadi seorang pemenang. Jika kamu mengganggap bahwa hidup adalah sebuah perlombaan,maka kamu adalah seorang peserta dan membiarkan orang lain sebagai juri,bukan?? , kamu akan terus memikirkan isi penilaian juri tentang apa yang sudah kamu tampilkan,dan berusaha terus menurus untuk mencapai penilaian terbaik menurut juri.

    Ketika kamu gagal meraih kemenangan dalam lomba tersebut,akan sangat banyak omongan-omongan yang masuk ketelinga kamu,bahkan bukan hanya dari juri dalam perlombaan saja,namun dari para “ Juri-juri Duniawi”.

    Kamu tahu lagu berjudul “Berisik” yang dinyanyikan oleh Dere? Sedikit penggalan liriknya,

        Oh, manusia berisik
        Bermulut satu dan bicaranya lantang
        Lidah tertutup gigi, tapi bagai terpampang

        Oh, manusia berisik
        Berakal budi, tapi terkadang lupa
        Kalau hidup di dunia hanya bertamu saja

        Bicaralah secukupnya
        Tak semua harus terucap

   Yaaa,lagu tersebut sangat cocok menggambarkan para “Juri-juri Duniawi”. Mereka akan sangat amat mudah memberikan penilaian-penilaian terhadap penampilan mu. Bahkan tak jarang pula ada juri yang menilai,walau ia sedang menutup mata saat menyaksikan penampilanmu.

   Banyak peserta yang akan terpuruk mendengar omongan-omongan dari para juri. Mentalnya akan down,pikirannya akan bercabang,dan menganggap bahwa dirinya bukanlah orang yang layak untuk menang,melainkan seorang yang layak untuk gagal.

   Sampai kapan kamu akan merasakan itu? Sampai kapan kamu menganggap bahwa hidup ini adalah sebuah perlombaan? Apakah kamu akan bahagia dengan pemikiran seperti itu? Jangan biarkan hidup mu dinilai oleh para “Juri-juri Duniawi” , berhenti menganggap hidup adalah sebuah perlombaan.

   Ingat kata-kata ini,

      "Jangan pernah membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain,sebab tidak semua bunga akan mekar bersamaan,bahkan  bulan dan matahari akan sama-sama bersinar,namun diwaktu yang berdeda."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline