Lihat ke Halaman Asli

Gloriane Gracine S.

Siswi SDH Lippo Village

Indahnya Dunia Seni: Lukis

Diperbarui: 7 Desember 2022   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa itu seni? Seni merupakan sebuah expresi yang imajinatif, dan kreatif. Umumnya, seni lahir melalui emosi dan imajinasi seniman tersebut. Seni dinilai berdasarkan keindahan dan kreatifitasya.

Seni mempunyai banyak jenis. Yang paling diketahui ialah seni menggambar, atau melukius. Padahal, masih banyak jenis-jenis seni! Seperti, seni memahat, seni puisi, seni menari, dan lain lain. Tetapi, yang saya ingin fokuskan adalah seni lukis.

Seni lukis adalah pengembangan dari seni menggambar. Untuk seni lukis, kami memerlukan cat. Ada banyak jenis cat melukis. Misalnya, cat akrillik, cat air, cat minyak, dan cat pastel. Kami juga bisa melukis dengan tinta, dan macam-macam.

Manfaat seni lukis itu banyak. Beberapa adalah; Meningkatkan kreatifitas dan melatih imajinasi. Lukis juga bisa membantu stres, dan menunjukkan emosi kita. Salah satu yang utama adalah membawa kesenangan bagi pelukis dan juga bagi penikmatnya.

Pertanyaan yang saya mau tambahkan ialah, mengapa orang menikmati seni? Ada banyak hiburan lain yang kami bisa menikmati. Tetapi, sampai sekarang, seni masih dinikmati. Sangat digemari, sampai orang pun mau membelinya untuk harga yang lumayan mahal. Jawabannya adalah, seni itu indah. Menurut saya seni itu indah sekali. Seni juga butuh waktu yang lama untuk membuat sebuah lukisan yang sangat indah dan mewah.

Begitu populer, bahkan seni lukis hadir sebagai kelas elective di Sekolah Dian Harapan. Pada tanggal 26 Oktober 2022, di taman SDH Mentawai, saya sedang mengamati 2 perempuan sedang melukis "realisme". Mereka melukis wastafel, berbagai tanaman, dan beberapa gedung. Melukis dengan tinta itu susah, dan jarang dilihat. Hasil mereka sangat indah. Detil pun mereka coba untuk lukis.

Dari sudut pandang saya, lukisan mereka lumayan mirip, tetapi mereka harus tetap latihan, supaya karya-karya mereka menjadi karya yang sangat mewah dan artistik.

Saya mengamati mereka karena, seperti saya bilang, menurut saya seni adalah sesuatu yang kamu dapat membuat gaya kamu sendiri. Jadi, seni itu hal yang indah di mata senimannya sendiri. Tetapi, apa yang membuat orang hargai seni yang dibuat itu? Jawabannya ialah karena usaha seniman itu sendiri. Ketika kami melihat lukisan yang besar, dan indah, pasti pikiran yang muncul di kepala kami setelah "Wah indah sekali" itulah "Sesusah apa pelukis tersebut mencoba?" Itulah sebabnya lukis berharga dan mewah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline