Lihat ke Halaman Asli

Gloria Anakotta

Siswi SMA Stella Duce 2 Yogyakarta

Teks Laporan Hasil Observasi Dendrobium Kingianum

Diperbarui: 13 Agustus 2024   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dendrobium kingianum yaitu sebagai salah satu marga anggrek epifik yang biasa digunakan sebagai tanaman hias. Bunganya sangat bervariasi dan cantik. Dendrobium relatif mudah dirawat dan berbunga. Setiap bunga dari spesies ini hanya akan hidup selama seminggu atau 10 hari. Tapi umurnya dapat berkurang lebih jauh karena serangan hama seperti kutu putih, kutu daun dan skala. 

Dendrobium mempunyai akar lekat atau akar subtract dan akar udara. Fungsi akar lekut dimanfaatkan sebagai pecahan tanaman, sedangkan akar udara sebagai kelangsungan hidup tanaman. Batang Dendrobium memiliki batang yang besar, berisi cadangan makanan. Bentuknya bulat, arah tumbuh batang tegak lurus dengan sistem percabangannya monopodial. Bentuk daun nya cenderung tebal dan berwarna cerah, bunganya majemuk dalam tandan. Tampil dengan berbagai bentuk, ukuran dan juga warna.

Dendrobium kingianum juga sering dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias, bahan dasar parfum dan obat obatan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline