Lihat ke Halaman Asli

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Diperbarui: 30 Juli 2020   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Belajar adalah segala aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar. 

Setiap orang tentunya butuh proses pembelajaran agar ia dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya ia tidak bisa lakukan atau tidak mengerti. Terutama para pelajar, sebagai pelajar dan seorang anak, banyak dari para pelajar lebih suka menghabiskan waktunya dengan bermain atau melakukan hal-hal yang disukai saja. 

Akan tetapi, ada saatnya dimana bagi pelajar harus melaksanakan kewajibannya yaitu belajar, lalu bagaimana cara agar anda dapat memiliki motivasi dalam belajar? Berikut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajar dengan waktu, proses, dan komitmen. Agar anda dapat meningkatkan usaha belajar dengan lebih menyenangkan.

1. Agenda Belajar

Kadang kala, kita sering disibukkan dengan kegiatan-kegiatan di rumah atau di luar sekolah, maka dari itu kita dapat membentuk atau membuat agenda belajar sendiri, sehingga waktu belajar dapat disesuaikan dan diseimbangkan dengan kegiatan yang lain, dengan agenda belajar kita juga dapat mengatur waktu dengan baik, selain itu belajar juga membutuhkan waktu yang efisien dan efektif, dengan agenda belajar kita juga dapat mengoptimalkan usaha dalam belajar serta berkomitmen dalam meraih sesuatu yang diinginkan.

2. Tentukan gaya belajar

Kita diciptakan dengan banyak perbedaan antara satu dengan yang lainnya, bukan hanya dari segi fisik maupun sifat, gaya belajar kita tentunya juga berbeda dengan gaya belajar orang lain, kita harus menentukan seperti apa tipe gaya belajar diri kita, visual, audiotori, atau kinestik. 

Kamu bisa menentukan gaya belajar kamu dari apa yang paling kamu minati, dan hal apa yang dapat membuat kamu lebih mudah mengerti, jika kamu seorang dengan tipe visual maka kamu akan lebih nyaman belajar dengan pengunaan warna-warna, garis, maupun bentuk. 

Kemudian Jika kamu seseorang dengan tipe auditori maka kamu tidak akan masalah dengan tampilan visual saat mengajar, yang penting adalah mendengarkan pembicaraan guru dengan baik dan jelas. 

Terakhir, jika kamu merupakan tipe kinestik maka kamu akan merasa lebih mudah mempelajari sesuatu bukan hanya sekadar membaca buku tetapi juga mempraktikkanya. Dengan melakukan atau menyentuh objek yang dipelajari akan memberikan pengalaman tersendiri.

3. Istirahat yang cukup

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline