Lihat ke Halaman Asli

Given Nice

190906932

Mempelajari Apa Itu Jurnalisme Multimedia

Diperbarui: 2 Maret 2022   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: giantironozra.blogspot.com

Perubahan teknologi membawah dampak yang cukup besar dalam aspek kehidupan. Salah satunya pada perkembangan multimedia. Namun tahukah kamu, apa itu multimedia dan apa saja elemen-elemennya? Yuk, simak sampai habis ya!

Multimedia Interaktif

Multimedia terbagi menjadi dua kategori yakni, multimedia linear dan multimedia interaktif. Namun pada bahasan kali ini kita lebih fokus pada kajian multimedia interaktif. 

Kalau berbicara multimedia interaktif berarti ada hubungannya dengan gaya pembelajaran berbasis aplikasi. Multimedia yang di maknai dari perspektif projurnalisme profesional secara internasional adalah seseorang perlu melihat keberadaan di luar ruang lingkup jurnalisme ke organisasi sosial mereka. 

Artinya sebagai sebuah penggambaran untuk menganalisis keunikan online pada ke profesional media dalam kaitannya dengan penilaian, penghargaan dan sifat. Fungsi dari multimedia sebagai sarana untuk memanfaatkan web berupa blog ataupun website guna membantu aktivitas manusia baik dalam menulis berita serta menyajikan berita dalam bentuk media online.

Fungsi dari multimedia sebagai sarana untuk memanfaatkan web berupa blog ataupun website guna membantu aktivitas manusia baik dalam menulis berita serta menyajikan berita dalam bentuk media online. Pada abad ke 20-an ini masyarakat modern cukup familiar dengan multimedia, karena multimedia memberikan desain menarik berupa foto, video, audio, animasi, dan interaktif.

Melalui bantuan komputer itulah dapat memungkinkan pengguna untuk berinteraksi lebih luas tanpa ada batasan. Tampilan visual yang baik membuat multimedia menjadi pilihan utama yang di pakai untuk media komunikasi dan sebagai akses mendapatkan informasi.

Penjelasan sebelumnya sebagai pengantar untuk kita melihat lebih dekat makna dari multimedia jurnalisme. Ada dua cara pandang tentang jurnalisme multimedia, pertama multimedia digunakan sebagai proses penyampaian pesan di portal berita online serta menambahkan musik, gambar bergerak dan diam, animasi grafis dan lain-lain.

Kemudian informasi tersebut juga bisa dikirimkan pada beberapa platform media yang berbeda seperti, surat kabar, SMS, MMS, Email, website, televisi, radio atau perangkat lainnya. Namun tahukah kamu, apa saja elemen multimedia itu?

Sumber: sukantaproduksimultimedia.blogspot.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline