Lihat ke Halaman Asli

Gita Yulia

mahasiswa

Tak Perlu Bahan Kimia, Berikut 5 Tanaman Hias Terbaik yang Dapat Menjernihkan Kolam Ikan

Diperbarui: 7 Oktober 2024   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Tanaman Hias yang Dapat Menjernihkan Kolam Ikan (Tiu Bo Trng/ Pexels) 

Kolam ikan, baik di halaman rumah, taman kota, atau area rekreasi selalu menjadi pusat ketenangan, sebuah oase yang menyegarkan pandangan sekaligus memberikan napas bagi alam di sekitar. 

Namun, menjaga air tetap bersih tanpa bahan kimia bisa menjadi tantangan tersendiri. Beruntung, alam menyediakan solusi lewat tanaman hias air yang mampu bekerja sebagai filter alami, tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem.

Oleh karenanya, tak perlu repot-repot mencari alternatif penjernih berbahan kimia, selain menghemat pembiayaan, cara ini juga bisa mengurangi resiko yang disebabkan oleh bahan kimia. 

Dilansir dari dari kanal YouTube MotashiTV,  ada 5 tanaman hias terbaik yang dapat membantu menjernihkan kolam ikan. 

Yuk, simak selengkapnya di sini! 

1. Pistia (Apu-Apu)

Tanaman Apu-apu adalah tanaman air yang memiliki berdaun hijau dengan permukaan tubuhnya yang berbulu halus menyerupai beludru.

Tanaman cantik ini tidak membutuhkan perawatan secara khusus dan berkembang biak secara generatif melalui biji dan vegetatif melalui stolon.

Apu-apu berperan penting dalam menyaring air kolam karena memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi berlebih dari air, membantu menyeimbangkan nutrisi dan menjadikan air jernih.

2. Teratai (Water Lily)

Teratai, atau dikenal juga dengan sebutan "water lily," tidak hanya mempercantik kolam, tetapi juga membantu mengurangi populasi alga yang bisa mengganggu kesehatan kolam. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline