Lihat ke Halaman Asli

Gitanyali Ratitia

TERVERIFIKASI

Pemilik SPA dan Healing Therapy di Jerman

Menjadi Entrepreneur ? Jangan Takut Untuk Memulai

Diperbarui: 30 Juni 2015   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Masih ingat Ibu Margaret Thatcher bekas Perdana Mentri Inggris yang dijuluki "Iron Lady" oleh Soviet Jurnalis? , Sebuah julukan yang terkait dengan politik tanpa kompromi dan gaya kepemimpinannya yang tegas.

Dalam hidup saya ada dua perempuan yang saya kagumi yaitu Margaret Thatcher dan Marilyn Monroe , mengapa dua perempuan itu? . Karena dari dua perempuan inilah saya melihat keunikan, percaya diri, kekuatan , keuletan dan survival insting . Bagi saya mereka berdua adalah potret dua perempuan yang sama-sama termahsyur , dikagumi, dan banyak sisi-sisi humanis dalam kehidupan mereka. Berikut adalah quotes dari tokoh yang saya kagumi tersebut , coba kita renungkan bersama :

 

I do not know anyone who has got to the top without hard work. That is the recipe. It will not always get you to the top, but should get you pretty near.” —Margaret Thatcher

"Success makes so many people hate you. I wish it wasn't that way. It would be wonderful to enjoy success without seeing envy in the eyes of those around you." -Marilyn Monroe

........

Entrepreneur, berwiraswasta , wirausaha, Self employed atau Selbstandige merupakan julukan untuk orang-orang yang bekerja sendiri dalam arti tidak bergantung kepada perusahaan , kantor atau Institusi Pemerintah. Tetapi saya tidak akan membahas termonilogi kata wiraswasta terlalu jauh ke dalam. Bagi saya julukan Entrepreneur untuk para usahawan/ usahawati (?) sudah sangat -sangat cukup mewakili dari apa yang akan saya tulis disini.

Kewirausahaan adalah pengembangan bisnis dari bawah ke atas yang penuh dengan ide , kemudian mengubahnya menjadi bisnis yang menguntungkan. Definisi kewirausahaan mungkin sederhana, tetapi justru pelaksanaannya jauh lebih sulit. Walaupun begitu kalau anda semua mempunyai jiwa wirausaha , mengapa tidak mencoba?.

"Kewirausahaan adalah perjalanan eksplorasi mencari peluang dan manajemen risiko untuk menciptakan nilai bagi keuntungan dan atau kebaikan sosial," kata Ajay Bam, dosen di Lester Pusat Kewirausahaan di Universitas California, Berkeley Haas School of Business.

Nah setelah membaca tulisan diatas , bagaimana cara mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari?. Berikut saya akan membagi sedikit pengalaman saya menjadi Entrepreneur di Jerman.

Di Jerman menjadi Entrepreneur dengan cara legal adalah tidak susah , asal anda memenuhi kriteria dan semua dokumen lengkap tentunya. Sudah barang tentu status anda legal untuk tinggal , bekerja dan membuka usaha. Jangan mencoba berasumsi usaha anda hanya usaha kecil dan tidak perlu di legalkan , ingat semua bentuk usaha di Jerman mesti legal karena nanti disana ada laporan perhitungan pajak di akhir tahun dan anda harus declare semua ke Finanzamt ( Kantor Pajak ) selanjutnya.

Setelah mengundurkan diri dari Kantor di Perusahaan distributor Elektronik di Braunschweig , saya berencana membanting stir untuk berdikari . Pilihan saya kali ini adalah membuka SPA Indonesia di kota kami. Mengapa SPA ?.

Urusan SPA di Magdeburg masih di dominasi Hotel-Hotel dan Pusat kebugaran. Sedangkan massage di dominasi para imigran dan orang-orang dari Thailand. Sedangkan Indonesia SPA dan Massage belum ada sama sekali. Nah itu alasan saya yang paling pertama. Alasan ke dua tentunya saya menyukai urusan SPA karena saya suka memanjakan diri di SPA dan di pijat .

Menurut saya selain karena kesenangan dan hobi membuka SPA juga karena memungkinkan saya bisa mempergunakan untuk diri sendiri , untuk keluarga dan yang paling penting adalah saya bisa bekerja dari rumah . Untuk itu saya membangun Studio SPA satu area dengan rumah mungil kami. Nah merdeka sekali bukan bekerja seperti ini?.

Banyak kendala tentunya untuk memulai suatu usaha yang belum pernah terdengan seperti Indonesia SPA ini tetapi kalau kita tidak memulai sekarang kapan lagi ? asal ada niat dan kemauan.

Mencari terapis juga membutuhkan kesabaran sendiri , jarang ada orang Indonesia disini yang bisa langsung bekerja di SPA kalaupun ada kita mesti training mereka dulu. Begitu juga kendala kalau terapis adalah orang Jerman atau bule. Ada rasa takut kalau setelah mereka menguasai tehnik massage atau SPA kita maka terapis ini akan hengkang dan memulai membuka usaha sendiri. Jadi serba susah bukan?.

Untungnya saya mempunyai seorang kawan dari Jepang yang baik dan mau belajar menjadi Terapis. Sedangkan Terapis satunya yang orang bule untuk sementara hanya membantu tugas kecil seperti marketing sampai saya benar-benar percaya dengan nya. Lagipula terapis-terapis ini bekerja bukan full time tetapi mereka mendapatkan gaji per komisi dan bagi hasil. Nah dengan sistem ini terus terang sebagai pemula dibisnis SPA saya banyak terbantu karena hanya memperkerjakan terapis kalau ada tamu yang datang bersamaan dan kapasitas saya sendirian tidak memungkinkan.

[caption caption="Herbal yang saya petik dari kebun sendiri semua natural , untk dipakai sebagai herbal compress" ]

[/caption][caption caption="Herbal Compress untuk massage dan perawatan." ]

[/caption]

Asuransi

Saya membeli asuransi untuk bisnis SPA yang mencover untuk injury ,Hospitalised dll. Nilai covernya sampai 4 Mil € untuk berjaga-jaga sekiranya nanti ada pelanggan yang injury dan lain-lain. Asuransi yang saya beli dari Allienz ini murah meriah hanya sekitar 180€ per orang pertahun. Ini uk daerah Magdeburg saja sedangkan kota lainnya tergantung juga Perusahaan asuransi tersebut. 180€ ini hanya cover untuk satu orang terapis saja. Misalnya anda mempunyai 3 orang terapis berarti anda harus membeli asuransi 180 x 3 orang pertahun.

Pomosi

  • Urusan promosi nah ini yang seru. Saya menyebarkan brosur dan pamflet ke daerah sekitar lingkungan perumahan . Brosur saya masukkan satu persatu ke kotak surat di depan rumah mereka dengan iming-iming 10 % diskon bagi yang membawa kembali brosur tersebut. Sedangkan Supermarket, Salon , Apothek dan Kios-kios yang saya titipi brosur akan mendapatkan 20 % diskon. Ternyata promosi seperti ini ampuh sekali. Banyak pelanggan saya yang datang dengan membawa kembali brosur ini. Bahkan ada Oma-oma yang menyimpan brosur saya rapi sekali di plastik setiap kali datang dia akan menunjukkan brosur tersebut kemudian menyimpannya kembali di dompetnya.

Bonus Point

  • Nah ini juga bisa di coba. DI SPA saya tiap kali pelanggan datang dengan treatment 1 jam mereka akan mendapatkan 1 point. 10 point terkumpul customer b erhak mendapatkan treatment gratis satu jam.

 

Loyalty Cards

Loyalty card ini customer membayar cash dimuka untuk  kali perawatan , atau 10 kali perawatan. Tentunya dengan harga diskon. Misalnya 1 jam treatment 30 € kalau customer membeli Loyalty card yang 5 kali perawatan seharusnya dia membayar 150€ , tetapi dengan kartu ini dia hanya membayar €130 misalnya jadi customer hemat 20€. Begitu selanjutnya .

 

Bekerja Sama dengan Perusahaan Lain

Ini juga seru saya juga mencoba bekerja sama dengan perusahaan ternama Goupon . Groupon adalah pasar e-commerce global yang menghubungkan jutaan pelanggan dengan mitra bisnis lokal dengan menawarkan aktivitas, wisata, barang dan jasa di lebih dari 45 negara. Dengan bekerja sama dengan Groupon maka saya mempercayakan Perusahaan ini untuk promosi paket-paket SPA saya di Web mereka dengan coupon. Berapa bayarnya? . Disini triknya. Karena sebagai Entepreuneur kecil dan pemula maka capital saya sudah hampir kering untuk hal-hal promosi besar-besaran yang tentunya akan membutuhkan banyak modal besar.

Sedangkan uang dan modal sudah hampir habis untuk membangun studio. Nah dengan bekerja sama dengan group Company ini mereka membantu kita mempromosikan paket SPA dengan pembelian langsung lewat internet . Sedangkan saya sebagai Merchant cukup mendapatkan hasil sekitar 50% saja dari pembelian paket SPA oleh pelanggan yang membeli lewat Groupon.

Memang serasa berat karena kita hanya memperolah 50% dari nilai yang harus dibayar pelanggan tetapi saya pikir kita bisa mencobanya karena bentuk promosi ini untuk memperkenalkan kepada pelanggan tentang bisnis kita.

Prinsip saya jangan takut memulai sesuatu yang anda percaya akan membawa hasil akhirnya, walaupun hasil akhirnya itu belum terlihat. JUST DO IT!

Promosi lainnya? . Ada masih banyak. Bisa lewat teman dan tetangga yang membantu promo dari mulut ke mulut. Biasanya teman atau tetangga akan mencoba fasilitas SPA terlebih dahulu dan saya tawari gratis. Setelah itu mereka dengan senang hati akan membantu saya menyebarkan brosur ke teman-teman mereka dan membawa teman-teman mereka untuk datang ke mencoba massage atau lulur dll.

Saya juga selalu menekankan pada terapis yang bekerja dengan saya ,tentu juga prinsip untuk saya sendiri bahwa jangan pernah memberikan treatment kurang dari waktu yang di sepakati tetapi kalau bisa lebihkan waktu . Karena pelanggan akan merasa senang , comfortable ,dilayani dan di hormati. Jangan menaikkan harga sesukanya dan tiba-tiba waktu pelanggan akan membayar di cashier mentang-mentang kelebihan jam treatment . Tetapi tetaplah pada tarif dan harga price list yang sudah tertera di brosur.

Pelanggan akan tahu dan bisa menghtung sendiri kalau waktunya kelamaan , malah-malah biasanya mereka dengan senanghati akan memberi tip. Tetapi juga perlu diingat , jangan terlalu mengharapkan tip karena bekerja dengan hati dan tanggung jawab itu lebih bermakna dalam dari pada hanya mengandalkan tip.

Oh ya omong-omong tentang tip , biasanya berapakah orang Jerman memberikan tip untuk ke SPA?. Dari pengalaman saya sih berkisar antara 1 sampai 5 €. Tetapi rata-rata mereka akan memberikan tip sekitar 4€.

Nah kalau ingin sukses jangan takut memulai, akan banyak ada orang yang mencibir dan iri , dengki yang akan anda temui dijalan. Tetapi tetaplah ingat untuk selalu humble , down to earth dan merendah. Itu bermakna dan sangat berguna dalam hidup anda.

 

Self-praise is for losers. Be a winner. Stand for something. Always have class, and be humble.
John Madden

 

 

Selamat beraktifitas kawan.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline