Lihat ke Halaman Asli

Gitanyali Ratitia

TERVERIFIKASI

Pemilik SPA dan Healing Therapy di Jerman

Jangan Pernah Lari Dari NS Singapore , Kalau Tidak Ingin Di Penjara

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14159854022075675072

[caption id="attachment_375507" align="alignnone" width="720" caption="Singapore Armed Forces (SAF), lulusan terbaru. Foto koleksi teman saya Sayuti Kamdani."][/caption]

Saya membaca ribut-ribut di koran tentang Kemarahan Panglima TNI saat WNI jadi tentara Singapura ini beritanya disini :

http://www.merdeka.com/peristiwa/kemarahan-panglima-tni-saat-wni-jadi-tentara-singapura.html

Apakah Nasional Service ( NS ) di Singapore itu ?

Di usia 18, semua laki-laki Singapura diwajibkan untuk pelatihan militer yang disebut  Nasional Service (NS).

Nasional Service diperkenalkan pertama kali pada tahun 1967, dengan tujuan untuk  pertahanan Singapura dan untuk mendorong kekompakan antara mereka . Dua tahun bertugas di NS hanya untuk laki-laki muda singapore dan diharappkan   supaya anak-anak muda ini terbangun kekuatan karakter mereka, dewasa dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Menghabiskan waktu latihan sesama mereka sehingga menempa anak-anak muda ini untuk mempunyai keeratan , solidaritas, kesetiawakanan dan  hubungan yang kuat dari berbagai latar belakang dan etnis yang beragam, karena mereka terikat oleh pengalaman sehari-hari selama latihan dan kebersamaan, kebanggaan nasional dan kekompakan . Selepas NS berakhir biasanya anak-anak muda ini telah memiliki rasa membangun persahabatan yang solid seumur hidup mereka sampai mereka dewasa kelak.

Menurut Undang-Undang Dinas Militer Singapore, semua laki-laki warga negara Singapura dan Penduduk Permanen ( PR ) berkewajiban mengikuti Nasioinal (NS). Setelah mencapai usia 16 ½ tahun, semua laki-laki warga negara Singapura dan Penduduk Permanen (termasuk  kewarganegaraan kedua), harus mendaftar untuk NS.

Oleh karena itu persyaratan ini juga berlaku untuk anak laki-laki yang diberikan Status PR di bawah sponsor orang tua mereka ( dalam hal ini anak-anak Indonesia yang ikut orang tuanya di Singapore ).

Sedangkan mereka yang tinggal atau belajar di luar negeri akan dikirim pemberitahuan registrasi dari Central Manpower Base (CMPB) untuk mendaftar secara online . Biasanya seminggu sebelumnya sudah ada pemberitahuan untuk E-Registration.

Untuk mereka yang sedang belajar di sekolah pemerintah Singapura atau institusi lainnya dapat mengajukan  penundaan untuk mengikuti NS tetapi tentu saja setelah study selesai NS masih harus diikuti. Sedangkan batas usia minimum adalah 18 tahun untuk pendaftaran penuh waktu ( full time ) NS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline