Lihat ke Halaman Asli

Ananta

Penulis independen. Instagram @ananta.writer

Pembelajaran Menulis dengan Model Kolaborasi untuk Mahasiswa

Diperbarui: 12 Agustus 2024   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://penerbitananta.com/Pembelajaran-Menulis-dengan-Model-Kolaborasi-untuk-Mahasiswa

Buku Pembelajaran Menulis dengan Model Kolaborasi untuk Mahasiswa merupakan karya dari tiga penulis, yaitu Alamsyah, Arismunandar, dan Baso Jabu. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis akademik mahasiswa.

Buku ini terdiri dari lima bab utama. Bab I membahas pendahuluan yang menjelaskan latar belakang, tujuan, dan struktur buku. Bab II membahas rasionalisasi model pembelajaran, yang mencakup analisis teori-teori pembelajaran bahasa, seperti behaviorisme, kognitivisme, nativisme, kognitif, dan konstruktivisme.

Bab III berfokus pada pengembangan model pembelajaran, termasuk definisi model pembelajaran, konsep pengembangan model, karakteristik model pembelajaran kolaboratif, dan langkah-langkah model pembelajaran kolaboratif. Bab IV memberikan deskripsi rinci tentang model pembelajaran kolaboratif, termasuk teori yang mendukung pengembangan model dan komponen-komponennya.

Bab V merupakan bagian terpenting dari buku ini, yang menyajikan panduan praktis untuk menerapkan model pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran menulis. Bab ini menjabarkan aktivitas-aktivitas spesifik, seperti pertukaran ide, diskusi kelompok, umpan balik, evaluasi bersama, dan refleksi. Selain itu, bab ini juga menyediakan rubrik penilaian untuk menulis akademik, yang mencakup penilaian penulisan esai, resensi buku, dan artikel jurnal.

Secara keseluruhan, buku ini menawarkan pendekatan yang inovatif dan komprehensif dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi. Dengan memadukan teori pembelajaran bahasa yang kuat dan panduan praktis, buku ini diharapkan dapat membantu dosen dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif, interaktif, dan efektif bagi mahasiswa.

Dalam Bab V buku ini terdapat panduan rinci mengenai penerapan model pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran menulis. Berikut adalah beberapa contoh penerapan model kolaborasi yang dibahas:

1. Ideen austauschen (Pertukaran Ide)
Pada tahap ini, mahasiswa melakukan aktivitas berbagi ide dan gagasan terkait topik penulisan secara individual. Kemudian, mereka saling bertukar ide dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan dan mengembangkan ide-ide tersebut.

2. Gruppendiskussion (Diskusi Kelompok)
Pada tahap ini, mahasiswa dalam kelompok kecil berdiskusi untuk mengembangkan kerangka tulisan, membagi tugas, dan berkolaborasi dalam proses penulisan.

3. Ruckmeldung (Umpan Balik)
Setelah mahasiswa menyelesaikan draft tulisan, mereka saling memberikan umpan balik konstruktif antar anggota kelompok. Umpan balik ini mencakup aspek isi, organisasi, tata bahasa, dan mekanika penulisan.

4. Gemeinsame bewertung (Evaluasi Bersama)
Pada tahap ini, mahasiswa dan dosen melakukan evaluasi bersama terhadap hasil tulisan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian yang komprehensif, mencakup aspek isi, organisasi, tata bahasa, dan mekanika penulisan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline