Lihat ke Halaman Asli

Brigita wadda

kompasiana

Perkuliahan Luring dan Daring di Masa Pandemi

Diperbarui: 14 April 2022   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkuliahan merupakan sebuah kegiatan belajar tatap muka antara dosen dan mahasiswa yang dilakukan diseluruh universitas. perkuliahan adalah pembahasan materi, pembuatan tugas, praktik, evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen.

Perkuliahan Daring adalah perkuliahan yang lakukan oleh dosen dan masasiswa melalui media sosial, seperti melalui zoom, Google meet, WhatsApp dan lain sebagainya. perkuliahan daring ini dilakukan karena virus Covid19. sedangkan perkuliahan Luring adalah perkuliahan yang dilakukan secara tatap muka atau secara langsung oleh mahasiswa dan dosen. perkuliahan daring banyak  mahasiswa yang tidak memahami materi karena penjelasan yang kurang detail dan kebanyakan mahasiswa hanya mengikuti zoom,meet tetapi tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen. namun kuliah dengan luring banyak mahasiswa yang lebih memahami karena penjelasan dosen yang secara langsung atau tatap muka serta materi yang disampaikan lebih detail. 

 Saat ini perkuliahan Luring sudah kembali mulai dibuka, walaupun tidak dengan 100% secara luring dan  masih ada juga secara daring. tetapi ini sangat membantu mahasiswa dalam memahami teori atau materi yang disampaikan dosen. dalam perkuliahan daring terdapat banyak dampak negatif seperti kurangnya pemahaman mahasiswa, kuota internet lebih banyak digunakan dari sebelumnya, serta mahasiswa akan meras kesulitan akses jaringan internet karena tinggal di pedesaan sehinggan perkuliahan tidak semaksimal mungkin yang diikuti, banyak mahasiswa yang bermalas-malasan. namun selain dari adanya dampak positif perkuliahan daring juga memiliki dampak positif seperti mahasiswa dapat menggunakan elekteronik atau media sosial sebagai media belajar. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline