Lihat ke Halaman Asli

Selamat Hari Vegan Sedunia

Diperbarui: 1 November 2023   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Makanan Vegan. Foto oleh Cats Coming: https://www.pexels.com/id-id/foto/semangkuk-salad-sayuran-406152/

Tahukah Anda, 1 November diperingati sebagai hari Vegan Sedunia. Gaya hidup yang sedang trend dan menjadi perbicangan dalam sekitar sepuluh tahun ke belakang ini memiliki satu hari khusus di bulan November yang didedikasikan untuk mereka yang menjalani pola hidup yang meminimalisir konsumsi daging ini. Tujuan diadakannya peringatan hari Vegan Sedunia ini adalah untuk menunjukkan bertapa mudahnya dan betapa nyamannya hidup dengan prinsip yang bebas dari aksi kekejaman terhadap hewan.

Menurut para penggiat gaya hidup unik satu ini, kita sebagai manusia sudah terlalu banyak membunuh hewan-hewan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup kita selama ini. Belum lagi dengan alasan untuk pemenuhan kebutuhan pokok, kita menggunduli hutan-hutan lebat menjadi peternakan-peternakan hewan yang akhirnya mengorbankan fungsi asli hutan dan meningkatkan produksi gas-gas metana akibat peternakan-peternakan besar yang manusia bangun.

Dalam persepsi para penganut gaya hidup vegan, perlu diadakan gerakan-gerakan yang menyadarkan manusia untuk berhenti mengeksploitasi hewan-hewan secara berlebihan dan lebih memperhatikan lagi hak-hak mereka sebagai makhluk hidup selain manusia.

Lalu, kenapa hanya vegan yang dirayakan setiap tanggal 1 November? Bukannya masih ada yang namanya vegetarian? Bukankah mereka juga sama-sama tidak memakan makanan yang berasal dari hewan?

Sebenarnya, sama saja. Tanggal 1 November adalah hari vegan atau hari vegetarian sedunia. Jika kita ingin menyebutnya sebagai hari vegetarian sedunia juga tidak ada masalah. Keduanya sama saja. Mungkin sebagian orang ada yang memisahkan antara vegan dan vegetarian. Padahal keduanya adalah satu entitas yang sama. Vegan adalah salah satu cabang turunan dari gaya hidup vegetarian itu sendiri. Jadi, singkatnya, vegan adalah salah satu tipe pola hidup vegetarian.

Mengutip dari alodokter.com, sebenarnya tidaklah benar 100% jika kita mengatakan bahwa penganut vegetarian itu tidak makan daging hewan sama sekali. Ternyata ada beberapa cabang vegetarian yang masih memperbolehkan untuk mengkonsumsi daging.

Pola makan semi vegetarian atau yang biasa disebut Flexitarian adalah salah satu cabang vegetarian yang masih memperbolehkan untuk SESEKALI mengkonsumsi daging, ikan, unggas, dan produk olahan susu, dan telur tetapi dalam jumlah yang SANGAT SEDIKIT. Pola makan ini biasanya digunakan sebagai 'latihan' atau pembiasaan bagi seseorang yang baru ingin mencoba gaya hidup vegetarian.

Ada lagi pola makan Lacto Vegetarian. Pola makan Lacto Vegetarian ini SAMA SEKALI TIDAK MENGKONSUMSI daging, ikan, unggas dan telur. Tetapi produk-produk turunan dari susu ternak seperti keju, yoghurt dan mentega masih boleh dikonsumsi bagi orang yang mau menerapkan pola makan vegetarian ini.

Kebalikan dari Lacto Vegetarian, pola makan Ovo Vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan, unggas dan produk-produk turunan susu. Tetapi MASIH BOLEH mengkonsumsi telur.

Ada pula gabungan dari Lacto Vegetarian dan Ovo Vegetarian, yaitu Lacto-Ovo Vegetarian. Sesuai namanya, pola makan vegetarian satu ini sama sekali tidak makan semua jenis daging, baik daging hewan ternak, unggas, maupun ikan. Tetapi tetap memperbolehkan untuk memakan telur, susu dan produk-produk turunannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline