Lihat ke Halaman Asli

Berbeda

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berbeda itu terkadang menimbulkan banyak pro dan kontra. Menjadi berbeda itu adalah unik, selain keunikan yang terbentuk juga banyak memiliki keberagaman. Perbedaan tidak bisa terlepasan dari kehidupan. Namun masih saja diantara kita yang belum bisa untuk menerima perbedaan yang ada.
Mengapa meski berbeda bila pada akhirnya sama, "mengapa ada hitam bila putih itu menyenangkan". Mengapa kita dilahirkan untuk berbeda satu sama lain, meskipun kembar identik? sifat kita kah yang salah? mengapa pikiran kita tidak selalu sama?

Menurutku perbedaan yang terjadi memang seharusnya ada. Apalah artinya hidup bila semuanya sama, kita tidak akan pernah tahu rasa bahagia itu menyenangkan, tanpa pernah merasakan sedih itu memilukan. Jika siang itu terang dan gelap itu malam, kita tidak pernah tahu  dan mengerti kalau tidak ada perbedaan, karena tanpa hitam kita takkan pernah tau apa itu putih. Ya begitu terus berputar, seperti Yin dan Yang (balance), adalah  keseimbangan.

Hidup ini merupakan suatu keseimbangan. Terkadaang kita harus merasakan, melihat, mendengar sisi baik, tapi tanpa adanya sisi buruk kita tidak pernah tau apa sisi baik itu. Berterimakasih pada kehidupan yang mengajarkan banyak hal. Jadi bersyukurlah pernah mengenal perbedaan. Masalah baik buruknya tetap pikiran kitalah yang menilai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline