Lihat ke Halaman Asli

Gitaz Brandztory

https://blog.brandztory.com

Digital Marketing Expert, Apa Perannya?

Diperbarui: 27 Januari 2023   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://blog.brandztory.com/digital-marketing/digital-marketing-expert/

Jika Anda tertarik dengan dunia pemasaran (khususnya pemasaran online), Anda mungkin ingin mempertimbangkan karier sebagai salah satu Digital Marketing Expert!

Hampir semua pemilik bisnis, cenderung memilih pemasaran melalui internet marketing. Alasannya cukup sederhana, yakni kecepatan proses hingga kemudahan tracking. Digital marketing juga mempermudah pelaku bisnis dalam mengambil suatau keputusan.

1. Apakah Digital Marketing Expert itu?

Iklan konvensional tidak lagi efektif seperti dulu. Sekarang, perusahaan harus menyediakan konten yang bermakna bagi konsumen sehingga membuat mereka lebih mudah ditemukan dengan cepat secara online. Digital Marketing Expert adalah seseorang yang memimpin tim marketing untuk mengidentifikasi target pasar, menciptakan citra merek, dan membuat serta memelihara kampanye pemasaran melalui internet dan teknologi digital.

Pemilik usaha sebaiknya mulai melirik calon konsumen di internet, karena kehadiran usahanya di internet dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Saat konsumen percaya pada suatu produk, maka konsumen dengan sendirinya akan merekomendasikan produk tersebut.

Digital Marketing Expert bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pemasaran produk atau jasa yang di terapkan secara online.

2. Apa yang di lakukan Digital Marketing?

Pakar pemasaran dapat memilih skill dalam bidang tertentu, seperti Search Engine Optimization (SEO), Pencarian berbayar / Pay Per-Click (PPC), media sosial, dan konten kreator. Selain itu, mereka harus memiliki keahlian umum pemasaran secara digital yang disebut sebagai Digital Marketing Specialist.

Peran digital marketing memiliki tujuan dan sasaran yang sama dengan marketing konvensional. Yaitu untuk meningkatkan Brand Awarness, mempromosikan produk atau layanan perusahaan, serta mendorong prospek menuju konversi. Tidak seperti marketing konvensional, digital marketing menggunakan saluran pemasaran dengan berkomunikasi secara efektif melalui platform teknologi yang sesuai.

Tim digital marketing bekerja melakukan kampanye secara online dengan efektif serta membuat tujuan bisnis menjadi suatu kampanye pemasaran yang sukses. Mereka harus mahir dalam mengevaluasi kebutuhan pasar konsumen. Tidak hanya itu, spesialis pemasaran juga harus memahami bagaimana dan di mana memperoleh pengetahuan tentang tren dan permintaan konsumen.

Digital Marketing Expert bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran yang di terapkan secara online. Hal ini di lakukan dengan menyusun berbagai kegiatan promosi online seperti Email Blast untuk menyampaikan pesan perusahaan. Serta dengan melakukan riset konsumen untuk menemukan cara efektif lain dalam menjangkau pelanggan melalui Internet.

3. Skill Yang Harus di Miliki:

Beberapa skill yang harus dimiliki oleh Digital Marketing adalah:

  • Memiliki pengetahuan dasar marketing
  • Dapat mengatur waktu dengan baik
  • Memiliki skill presentasi yang baik
  • Pengetahuan di bidang utama digital marketing dan digital creative (SEO, Media Social, Iklan Online dan Konten Marketing)
  • Tahu bagaimana merencanakan, membuat dan menerapkan strategi pemasaran
  • Memahami penggunaan tools analisis
  • Tetap up-to-date dalam tren

Penting bagi seseorang yang bekerja di dunia digital, untuk memiliki pemahaman dasar tentang "coding". Digital marketing bekerja sangat dekat dengan dengan Web Developer dan UI/UX Designer, sehingga sebaiknya memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan beberapa bahasa pemrograman lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline