Lihat ke Halaman Asli

Mau Beli Rumah, Lebih Baik DP Besar atau Kecil?

Diperbarui: 2 Januari 2018   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto:H Residence Soetta

Apakah Anda sering membeli sesuatu secara kredit? Jika ya, pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah uang muka atau down payment (DP).

Hal ini juga berlaku ketika Anda membeli properti secara angsuran. Setiap pengembang biasanya memberikan persentase DP yang berbeda. Tapi masalahnya, terlalu besar membayar uang muka tentu saja memberatkan. Sedangkan, DP kecil pun tak selalu memberikan keuntungan. Jadi bagaimana?

Nah, bagi Anda yang hendak membeli rumah atau apartemen, sebaiknya simak beberapa pernyataan berikut untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan pembayaran DP.

Pembayaran DP rumah besar atau kecil sebenarnya memiliki keuntungan tersendiri. Tapi, tetap Anda harus memperhitungkannya dengan matang sebelum mengambil keputusan.

Jika Anda membayar uang muka dalam jumlah besar, keuntungannya adalah bisa mengurangi beban cicilan dan bunganya. Dengan demikian, jika cicilan lebih ringan maka akan ada anggaran tambahan yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain, misalnya membeli furnitur.

Tapi jangan sedih jika Anda belum mampu membayar DP rumah yang besar. Masih ada developer yang menawarkan rumah dengan DP murah.

Lalu, apa keuntungannya? Tentu saja dengan uang muka kecil, Anda bisa segera menempati rumah baru dan tidak perlu berlama - lama mengumpulkan uang untuk DP rumah. Ya, meskipun cicilannya lebih besar atau jangka waktu pelunasan lama, selama jumlahnya terjangkau dan sesuai kemampuan, tidak masalah bukan?

Jadi, soal lebih untung mana membayar uang muka besar atau kecil sebenarnya tergantung Anda sendiri. Karena setiap orang memiliki pekerjaan dan penghasilan berbeda. Selain itu, cara pengelolaan keuangannya pun tidak sama.

Jumlah cicilan yang disanggupi dan jangka waktu cicilan menjadi pertimbangan yang sangat penting. Hal ini agar Anda tidak terbebani nantinya. Yuk bijak beli properti!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline