PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ARALLE
Oleh :
Gita Firanti Gauzya,S.Pd.
SMA NEGERI 1 Aralle
Abstrak
Gita Firanti Gauzya, 2021. Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 ARALLE.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Aralle, semester 2 tahun ajaran 2020/2021, sebanyak 35 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dilaksanakan selama enam kali pertemuan.
Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi atau pengamatan indrawi pada saat siswa melakukan kegiatan dalam proses pembelajaran serta pemberian tes.
Dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelas XI IPS SMA Negeri 1 Aralle adalah 78 untuk mata pelajaran geografi.
(1) Hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami perubahan, pada siklus I 46 persen dengan kategori kurang aktif mengalami perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus II 54,5 persen dengan kategori aktif. Hal ini menunjukkan terjadi perubahan sikap dari siklus I ke siklus II.