Lihat ke Halaman Asli

Mendengarkan Percakapan di Media Sosial, Apa Manfaatnya?

Diperbarui: 26 Agustus 2016   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: http://www.pushadvocacy.com/

Tahukah Anda, bahwa saat ini 80% data yang ada di dunia adalah unstructured data yang dihasilkan dari internet, dan sebagian besar berasal dari media sosial? Lebih dari itu, 90% dari data tersebut baru dihasilkan dalam 2 tahun terakhir. Lalu, apa yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dari data tersebut?

Disebut sebagai miniatur dari masyarakat karena mewakili pemikiran mengenai berbagai hal, media sosial bukan hanya sarana berbagi momen dan foto, namun juga tempat di mana brand,produk, dan layanan, diperbincangkan secara jujur dan bebas oleh pengguna. Bayangkan jika percakapan tersebut ditangkap oleh Anda sebagai pelaku bisnis, manfaat seperti apa yang Anda dapatkan. Itu sebabnya, muncul analytics tools yang membantu bisnis dan UKM mendapatkan digital market insight dari media sosial.  Contohnya, tools lokal seperti GDIAnalytics dari GDILab.

Mereka Berbicara Harapan

Konsumen bisa sangat aktif mengungkapkan pendapat mereka di media sosial. Tidak melulu menulis tentang keluhan mereka, namun juga harapan dan saran mereka pada suatu produk yang mereka gunakan. Mereka memberikan pandangan mengenai apa yang harus Anda lakukan sekaligus hindari agar produk Anda bisa menjawab permasalahan mereka sehingga mampu merebut perhatian pasar. Pelaku bisnis mana yang tidak mau?

Mereka Mencari Anda

Bisnis Anda sudah terkonsep dengan baik. Produk Anda berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing. Sayangnya, potential customerAnda tidak tahu bahwa produk Anda ada. Di media sosial, menemukan orang-orang yang sedang mencari produk Anda menjadi mungkin. Ada dua manfaat yang bisa Anda rasakan dari sini. Pertama, Anda tidak perlu lagi mendekati orang secara acak demi mempromosikan produk (di mana orang tersebut belum tentu tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan). Kedua, Anda menghemat waktu, biaya, dan tenaga, karena langsung menyasar orang-orang yang tepat. Menarik, bukan?

Mereka Ingin Direspon

Sekarang, bayangkan Anda telah menemukan sejumlah orang yang sedang membutuhkan produk seperti yang Anda punya, atau memiliki pertanyaan seputar industri bisnis Anda. Langkah apa yang perlu Anda ambil selanjutnya? Beri respon sebelum kompetitor Anda melakukannya. Bisnis Anda menjadi penyelamat yang memberikan jalan keluar bagi mereka. Ke depannya, jangan heran jika mereka cenderung memilih menggunakan produk Anda (apalagi dengan keaktifan Anda di media sosial) dan membangun loyalitas mereka pada brand Anda. Loyalitas konsumen adalah segalanya bagi pelaku bisnis, setuju?

Nah, dengan menyimak sederet manfaat tersebut, semoga bisa menjawab permasalahan Anda yang mengalami kesulitan dalam menemukan potential customer Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline