Lihat ke Halaman Asli

Giri Lumakto

TERVERIFIKASI

Pegiat Literasi Digital

YouTube, Si Pengasuh Anak "Zaman Now"

Diperbarui: 22 November 2018   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Pixabay)

Sudah menjadi rahasia umum, kita melihat anak 'bersahabat' dengan gawainya. Baik itu bermain gim sendiri atau bersama teman. Atau cekikan dan tertawa sendiri mellihat video-video di YouTube. 

Sebagai orangtua, memberikan anak tontonan YouTube serupa love-hate tragedy. Pada satu sisi, YouTube menjadi 'pengasuh virtual' yang bisa menenangkan anak. Namun, orangtua pun paham banyak sisi negatif kecanduan gawai, seperti menonton YouTube ini.

Setidaknya banyak pemandangan anak dengan YouTube sering kita lihat. Seperti di meja makan restoran atau di dalam mobil. Anak sering dibuat diam dengan menonton YouTube. 

Di rumah pun, saat orangtua sibuk atau malas bermain dengan anaknya. YouTube menjadi andalan orangtua agar anak tidak ribut atau rewel.

Survey PewResearchdi medio 2018 menunjukkan 81% orangtua di US membolehkan anak mereka menonton YouTube.  Survey ini mendata 4.549 orang tua dengan anak berusia 11 tahun atau kurang.  Dan mengejutkannya, 34% (1.546 responden) mengungkap mereka melakukannya secara rutin.

Menurut data Kemkominfo, 93% lebih pengguna sosmed di Indonesia berusia 9-19 tahun. Sedang 65%-nya banyak mengakses situs internet. Dan kebanyakan dari anak-anak dari data ini mengakses YouTube dan gim online. 

A Child Watch Tablet - Foto: mamamia.com.au

Fenomena YouTube sebagai pengasuh anak kiranya mengindikasikan 2 hal berikut.

Pertama, biaya asuh yang lebih mahal. Katakanlah rata-rata pengasuh anak digaji 2-3 juta per bulan. Maka saat YouTube akan lebih banyak memakan banyak biaya per bulan. Tetapi bukankah YouTube gratis?

Apa yang anak lihat bukan saja kartun kesayangan atau lagu-lagu di YouTube. Anak-anak sering tergoda meng-klik video unboxing, kartun dengan full-subscription atau simulasi gim. Dengan tingginya view dan subscriber, video ini umumya direkomendasi algoritma YouTube.

Video model ini umumnya mengajak viewers untuk membeli, dan bukan sekadar menonton. Dengan anak-anak melihat, bisa jadi anak ingin membeli kartun, mainan, atau gim yang ia lihat.

Link membeli pada video kadang juga di-embed pada video atau keterangan. Jika orangtua lengah, bisa saja anak malah membelinya via kartu kredit orangtua.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline