Lihat ke Halaman Asli

Giri Lumakto

TERVERIFIKASI

Pegiat Literasi Digital

Kampanye Hitam, ASMR, dan Viralitas

Diperbarui: 28 Mei 2019   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mastermind - ilustrasi: motivationhere.com

Jika sudah membaca frasa 'kampanye hitam' fikiran kita berisi negasi pada Pilkada. Hampir setiap Pilkada yang ada selalu aja menjadi ajang gelut calon pemimpin. Dengan otak-atik media kampanye yang kian ciamik. Muncullah otak-atik cara yang licik pula. 

Mungkinkah dalang kampanye hitam senang melakukan hal ini? Lepas dari motif ekonomi dibalik kampanye hitam. Bukankah kampanye hitam disangsikan akal sehat dalangnya pula. Plus, medsos yang kini menjadi 'kebutuhan primer' digital native. Kini menjadi media yang viral dan tepat menyasar para pemilih.

Mungkinkah dalang dan kita dihinggapi ASMR saat menyaksikan dan mendengar kampanye hitam? Dengan gegap gempita kita pun viralkan dengan share di FB, Twitter, IG, dll. Semua tanpa perlu cek dan ricek kebenaran.

Ada kabar berita tentang jenazah pemilih salah satu cagub DKI yang ditolak diurus jenazahnya. Ada pula video viral menyoal bai'at ibu-ibu untuk memilih salah satu Cagub DKI. Atau video salah satu Cagub yang diduga menghina ayat suci diputar berulang-ulang pada detik itu-itu saja. 

Atau isu SARA, PKI, antek asing, dan pro-konglemerat terus di-spin dalam kampanye hitam untuk menjegal salah satu calon. Semua menjadi 'bumbu' yang kadang lebih enak dari 'hidangan' dalam Pemilu dan Pilkada.

Apa yang kita rasakan saat mendengar atau menonton berita seperti ini. Sebagai pendukung salah satu calon pasti antusias. Banyak yang bersorak dengan kicauan atau like. Seolah ada perasaan 'mengalahkan' salah satu calon setelah membuat berita tadi viral. Mereka merasa 'berjasa' telah menyebarkan borok salah satu calon. Ada perasaan (mungkin) bangga dan senang. 

Inilah fenomena ASMR yang mungkin kita tidak sadari. ASMR sebenarnya mungkin sering kita alami. ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response adalah sebuah perasaan euforis ringan. ASMR muncul saat indera penglihatan dan pendengaran terlibat. 

Saat kita melihat video sebuah minuman cola dingin saat hari panas. Ditambah 'desisan' cola yang menimbulkan buih saat dituang ke dalam gelas penuh es. Ada perasaan ingin bahkan 'merinding' untuk bisa meminumnya bukan.

Mungkin inilah yang terjadi saat dukung mendukung calon pemimpin. Ada perasaan senang saat melihat ada 'borok' salah satu calon pemimpin. Dia itu tidak sempurna seperti malaikat atau nabi. Intinya, jangan pilih dia. Pilih calon saya. Dan tidak lupa share ke media sosial. (Baca artikel saya: Menyelami Fenomen 'Komen, Amin, Like dan Share')

Maka viral-lah berita atau video. Satu kelompok akan bertepuk tangan saat publik tahu. Sanggahan dan verifikasi pihak kontra malah menjadi bahan bakar debat kusir. Twitwar pun kadang terjadi. Adu komen di kolom post FB menjadi 'medan umpatan' pendukung pro vs kontra. 

Rasa senang mengungkap borok menjadi rasa cinta. Tiap pendukung memiliki caranya sendiri untuk membela. Tidak ingin kalah atau mengalah semua ingin membuktikan. Walau kadang jatuhnya berita atau video yang disebar ternyata hoax dan editan. (Baca artikel saya: Telisik Berita Hoax dengan Digital Dieting)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline