Lihat ke Halaman Asli

Giri Lumakto

TERVERIFIKASI

Pegiat Literasi Digital

Uji Hebat & Hemat Canon Pixma E400, Ini Hasilnya!

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1400303535709355031

[caption id="attachment_307379" align="aligncenter" width="461" caption="Juara Test Komparasi Hasil Cetak?"][/caption]

Mencari printer yang hebat dan hemat adalah keinginan kita semua. Hasil cetak yan tajam dan berkualitas tentunya menjadi prioritas utama. Selain itu, harga printer dan isi ulang cartridge juga merupakan hal yang patut diperhatikan. Dan sudah banyak printer di pasaran yang menawarkan hal tersebut. Namun tidak dengan yang menjadi pilihan saya, printer Canon Pixma E400 Ink Efficient.

Alasan ini saya buat tidak begitu saja. Dalam beberapa minggu lalu, saya sudah melakukan tes komparasi hasil cetak printer. Kenapa harus hasil cetak printer? Karena hasil printer yang terbaik adalah tujuan utama yang diingini dari sebuah printer. Dan tes komparasi ini sudah mendapatkan hasil yang valid. Dalam hal ini hasil cetak terbaik dalam variabel; ketajaman dpi, kepraktisan, dan hemat.

Variabel Tes Komparasi

Ketajaman dpi mencakup hasil printer foto pada glossy paper dengan hasil tajam. Dalam hal ini dpi terlihat dari kemiripan hasil cetak dengan file raw (mentah) foto atau meta data. File foto yang digunakan adalah hasil foto professional dengan camera Canon EOS 40D. Hasil jepretan fotografer freelance Angga Raditya. Kenapa dpi itu penting? Tengok artikel saya Yuk Kenali DPI-P Agar Lebih Hebat!

Kepraktisan mencakup durasi cetak foto, dan editing foto. Durasi mencetak dari hasil cetak foto yang didapat dengan cepat dan baik. Dan editing foto adalah kebebasan mencetak foto sesuai keinginan. Sehingga, foto yang dicetak ingin didapatkan dengan cepat dan sesuai keinginan mengedit.

Dan hemat mencakup harga dari harga glossy paper dan harga hasil cetak. Harga glossy paper adalah uang yang akan dikeluarkan saat membeli glossy paper ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm). Sedang harga hasil cetak adalah uang yang dikeluarkan untuk satu hasil ukuran 3R (10 cm x 15 cm).

Unsur Yang Saya Komparasi

Foto yang akan saya komparasi adalah foto putri kecil saya. Ukuran file adalah 5,5 MB. Dengan dimensi 3888 x 2592 pixel dengan 72 dpi. Camera EOS 40D dengan F-stop 2.8. Exposure time 1/2000 sec dengan ISO-200 dan focal length 50 mm. Camera tidak menggunakan flash karena foto outdoor.

Hasil cetak yang saya komparasi adalah hasil dari 2 inkjet printer dan 1 hasil cetak foto studio. Dua printer yang saya pakai adalah Canon Pixma E400 Ink Efficient. Canon Pixma E400 berharga Rp.850.000 di pasaran dengan spek yang cukup ciamik (spek dan harga di sini). Sedang printer EP L110 dijual dengan harga Rp. 1.500.000 dengan tinta infuse melekat pada badan printer (spek dan harga di sini). Dan foto 3R satu lagi adalah hasil standar foto studio.

Hasil cetak 2 printer inkjet dengan kertas standard glossy paper. Glossy paper yang saya gunakan adalah dari DataP**t dengan harga Rp. 20.000 untuk 20 kertas ukuran A4. Sehingga harga satu kertas glossy paper A4 adalah Rp. 1000. Sedang untuk hasil cetak foto studio adalah standard studio foto. Utuk hasil foto studio hasil cetak sudah termasuk kertas cetak dikisran Rp. 1.500 - Rp 2.000.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline