Lihat ke Halaman Asli

Resensi Materi Modul Agenda I Latsar CPNS

Diperbarui: 30 Juli 2024   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendahuluan

Pelatihan dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan rangkaian kegiatan awal dalam membentuk aparatur negara yang profesional, berintegritas, dan memiliki komitmen tinggi terhadap tugas dan tanggung jawabnya. Agenda latsar ini diadakan selama kurang lebih 3 (tiga) bulan yang terbagi dalam beberapa jenis materi dan kegiatan salah satunya adalah pemahaman materi mengenai Sikap dan Perilaku Bela Negara.

Materi mengenai Sikap dan Perilaku Bela Negara berupa modul pembelajaran yang terbagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu:

  • Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara,
  • Analisis Isu Kontemporer,
  • Kesiapsiagaan Bela Negara.

Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara

Modul Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara menjelaskan tentang pentingnya pemahaman dan kesadaran mengenai wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara dalam diri masyarakat Indonesia. Modul materi mengenai wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat penting karena membangun rasa nasionalisme dan patriotisme, serta membantu CPNS memahami pentingnya cinta tanah air, menghargai sejarah dan perjuangan bangsa, serta memiliki komitmen dalam menjaga dan membangun negara.

Materi dalam modul Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara ini secara singkat menjelaskan mengenai beberapa poin penting mulai dari konsep wawasan kebangsaan, sejarah bangsa Indonesia, konsep dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Modul ini juga menekankan betapa pentingnya sikap dan kesadaran bela negara sebagai bagian dari kewajiban warga negara dalam upaya untuk memperkuat integritas dan loyalitas terhadap negara yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dalam modul ini terdapat penjelasan mengenai struktur kelembagaan dan manajemen pemerintahan NKRI. Melalui itu, diharapkan para ASN dapat memahami bagaimana kegiatan pemerintahan negara berjalan dan mampu mengimplementasikan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara secara aktif untuk mencapai tujuan nasional.

Analisis Isu Kontemporer

Modul Analisis Isu Kontemporer bertujuan untuk membekali para ASN untuk dapat merespons berbagai isu yang relevan dengan konteks sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang terus berkembang. Materi Analisis Isu Kontemporer disusun dengan maksud untuk dapat dipahami dengan baik dengan harapan Indonesia mampu mencapai birokrasi kelas dunia pada tahun 2025 sebagaimana tertuang dalam amanat UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Materi dalam modul analisis isu kontemporer ini tidak hanya menjelaskan secara umum mengenai perubahan lingkungan dan isu-isu kontemporer yang relevan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang keharusan seorang ASN untuk memiliki kemampuan adaptasi terhadap perubahan yang cepat dan tak terduga, sehingga mempersiapkan individu untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik. Selain itu, ada juga penjabaran mengenai beberapa isu strategis yang sering menjadi masalah besar bagi negara, mulai dari korupsi, narkoba, terorisme, pencucian uang, proxy war, hingga kejahatan mass communication seperti penyebaran ujaran kebencian dan berita bohong.

Modul ini menjelaskan teknik analisis isu yang dapat digunakan untuk melatih ASN agar dapat berpikir secara kritis dan analitis dalam menghadapi isu-isu terkini. Materi ini diharapkan dapat mendorong kesadaran akan pentingnya berbagai perspektif dalam menelaah masalah dan mencari solusi yang inovatif dan berkelanjutan sehingga akan membangun individu yang mampu menghadapi tantangan di masa depan.

Kesiapsiagaan Bela Negara

Modul terakhir yaitu mengenai Kesiapsiagaan Bela Negara. Dalam modul ini, pemerintah memiliki komitmen untuk membangun karakter bangsa Indonesia melalui sikap dan kesadaran bela negara. Dalam hal ini, CPNS tidak hanya diharapkan tidak hanya memiliki fisik dan mental yang siap untuk menghadapi berbagai tantangan, tetapi juga memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara. Setiap CPNS diharapkan dapat mengembangkan diri, membentuk individu yang tangguh, berwawasan kebangsaan, dan siap berkontribusi, serta menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara dari ancaman, gangguan, hambatan, hingga tantangan (AGHT) yang timbul di waktu yang tidak menentu.

Penutup

Keseluruhan modul materi pada Agenda I Latsar CPNS ini disusun dengan baik sebagai salah satu panduan penting bagi para CPNS, khususnya di Sekretariat jenderal DPR RI agar mampu memahami secara mendalam tentang pentingnya sikap dan perilaku bela negara serta mengaplikasikan dalam tugas dan tanggung jawab mereka. Penyusunan modul ini menunjukan upaya pemerintah untuk membentuk para ASN yang mampu mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan menjaga kedaulatan serta keutuhan bangsa dan negara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline