Lihat ke Halaman Asli

Alfonso Giostanov Sinantong

Owner dari Gotravela Indonesia Holiday

Kondisi dan Kriteria Sungai Ayung untuk Arung Jeram di Bali

Diperbarui: 17 November 2017   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto: dailymotion.com

Kondisi dan Kriteria Sungai Ayung untuk Arung Jeram di Bali

Sahabat traveler, di Postingan ini kami berbagi informasi akan Kriteria dan Kondisi Sungai Ayung Bali yang terkenal dan banyak digemari para wisatawan Adventure maupun Adrenalin, didalam tulisan ini kami khusus membahas tentang Kondisi dan kriteria sungai ayung, Tips rafting bagi pemula juga Rekomendasi Perusahaan penyedia Jasa Arung Jeram (Rafting) yang aman dan professional.

Bali

Pulau Bali merupakan salah satu pusat destinasi dunia yang sangat terkenal, baik buat wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Keindahan pulau ini telah diakui dunia, menurut versi conde nast traveler tahun 2015 Pulau Bali pun dinobatkan menjadi pulau terindah di dunia, beragam kegiatan wisata hingga fasilitas akomodasi dunia dan international dapat anda temui di pulau ini.

Sungai di Bali

Salah satu kegiatan wisata yang digemari dipulau Bali adalah Wisata Rekreasi Arum Jeram atau lebih popular disebut "Rafting".Kegiatan arung jeram di bali yang memacu adrenalin ini tidak hanya terdapat atau dilakukan di satu riak aliran sungai saja dipulau ini.

Tapi pulau bali ini memiliki banyak aliran sungai, kriteria dan kondisi sungai yang ideal untuk kegiatan Arung Jeram dibali ini terbagi menjadi 3 Sungai; Sungai Ayung di Ubud, Sungai Telaga Waja di Karangasem dan Sungai Melangit di Klungkung, ketiga sungai tersebut memiliki kondisi level arus jeram yang berbeda-beda.

Sungai Ayung merupakan pilihan yang tepat bagi para rafting pemula atau level medium pecinta rafting (Rafter). Kondisi Sungai Ayung adalah Sungai yang terpanjang di bali dengan dengan melintasi 2 kabupaten Bangli dan badung, sungai ini mengalir sepanjang  62 km dan bermuara di selat badung sanur.

Bagi warga kota denpasar dan badung, Sungai Ayung pun yang menjadi sumber air bersih bagi dua Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Bali, yakni PDAM Kota Denpasar dan PDAM Kabupaten Badung.Kriteria,

Kelebihan dan Kekurangan Sungai Ayung

Kriteria awal riak jeram di sungai Ayung ubud ini menpunyai tingkat kesulitan khas di level I-III, dengan kedalaman rata rata air 1 -- 2 meter tergantung volume debit air disetiap musimnya. Semenjak tahun 70 an Arung jeram (Rafting River) telah menjadi olahraga yang lebih bersifat rekreasi, Hampir semua perusahaan jasa penyedia Rafting ini selalu memilih sungai yang memiliki tingkat kesulitan rendah karena memperhitungkan factor keselamatan dan komersil untuk mengaet wisatawan sebanyaknya dalam aktivitas tersebut. Tentunya wisatawan pemula jauh lebih banyak mencoba di banding yang sudah professional.

Kriteria dan Kondisi Sungai Ayung Bali bagi yang Professional pastinya akan memilih sungai dengan tingkat atau level kesuliatan yang lebih tinggi, yaitu level IV-V dengan medan jauh lebih menantang bagi mereka dan kerjasama team yang solid dibutuhkan dalam kondisi ini karena jika sampai kekurangan perhitungan dan kerjasama yang baik akan berakibat fatal hingga merengut Nyawa.  Maka kondisi sungai tingkat level: IV-VI tidak di rekomendasikan bagi tingkat pemula atau medium.

Kelebihan Sungai Ayung

  1. Lokasi sungai berjarak 10 kilomter dari pusat wisata Ubud (ubud castle atau pasar ubud). Jadi bagi wisatawan yang menginap di kawasan Ubud Bali tentu tidak makan waktu untuk mencapai lokasi ini. Tapi jika ditempuh dengan mengendarai mobil atau motor dari Kuta atau Denpasar akan memakan waktu kurang lebih hampir 1 jam-an
  2. Sangat cocok untuk pemula dengan tingkat kesulitan jeram di kelas II hingga IV.
  3. Pemandangan indah dan masih hijau melaui lembah tebing dengan oranamen pahatan batu di sekitar tebing sungai.
  4. Sungai Ayung Ubud cocok untuk rafting yang bersifat rekreasi -- melintasi banyak villa-villa international dan luxury, dan ada pula tempat pemberhentian untuk frelax sejenak setelah letik ber-rafting-ria. Di mana di tempat pemberhentian tersebut ada spot Cliff Jump dengan ketinggian 4 meter , jangan pernah terlewatkan.
  5. Terdapat Spot Air terjun lokasi yang cocok untuk ber foto (Selfie) atau anda bisa merasakan pijatan air terjuan jatuh deras di kepala anda.

Kekurangan Sungai Ayung

  1. Akses dari lobby atau starting point ke bibir sungai harus melewati turunan tangga yang lumayan banyak.
  2. Serta akses dari bibir sungai ke lokasi restoran setelah selesai rafting juga harus menaiki sejumlah anak tangga yang lumayan melelahkan.
  3. Arus jeram yang kurang kuat sehingga bagi yang suka tantangan dan professional raft terkesan kurang menantang.
  4. Rute rafting sungai Ayung Ubud lebih pendek dari pada rute sungai Telaga wajah dan Kelungkung.


6 Daftar Klasifikasi Level Kesulitan Sungai

Level sungai tingkat I

Hanya diperlukan keahlian dasar saja, sangat cocok untuk yang pertama kali mencoba arung jeram dan biasanya rider guide rafting lebih banyak berusaha mengayu dan mengarahkan raft tersebut dibanding peserta lainnya, kondisi level ini dapat ditemui di sungai Ayung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline