Lihat ke Halaman Asli

Moment of Doubt

Diperbarui: 16 Februari 2016   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saya yakin setiap orang setidaknya pernah mengalami moment of doubt (MOD). Momen dimana kita meragukan tentang tentang apa yang sudah diri kita lakukan selama ini, keraguan tentang masa depan kita bila kita terus melakukan hal yang saat ini kita tekuni bahkan tentang kepercayaan yang selama ini kita anut.

MOD bisa datang pada siapa saja dan dimana saja, tidak peduli berapa umurmu, apa pekerjaanmu, dan seberapa tinggi pendidikanmu. MOD bisa menyerang tiba-tiba dan membuat kita berhenti melangkah sejenak untuk merenung.

MOD ini dapat memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap individu, ada yang berhenti sejenak, merenungi dalam waktu yang lama, tetapi akhirnya tidak menghiraukannya dan tetap melanjutkan kehidupannya seperti biasa, dan ada juga yang malah merubah MOD inimenjadi awal untuk menata ulang hidupnya.

Kenapa sebenarnya MOD ini bisa datang tiba-tiba dipikiran kita?

Hal ini karena pada dasarnya keraguan adalah hal yang membuat kita berkembang dan terus maju, keraguan berubah menjadi keingintahuan dan akhirnya berujung pada pemahaman atau bahkan pengalaman. Setiap keraguan di diri kita adalah tanda bahkan kita sebenarnya peduli pada hal-hal yang terjadi di sekitar kita, karena ragu akhirnya muncul rasa ingin tahu yang mendorong kita untuk mencari tahu dan mengenali lebih jauh hal yang kita ragukan, dan dari situlah kita akan mendapatkan pemahaman, pengalaman dan sudut pandang yang komprehensif.

Jadi saat MOD menyerang, itu pertanda bahwa diri kita menginginkan upgrade dan perubahan (ke arah yang lebih baik tentunya), dan alarm alami yang diberikan kepada kita adalah melalui MOD tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline