Lihat ke Halaman Asli

Gilang Surya Nugraha

jalani hidup ini dengan senyuman

Layanan Internet 5G Sebentar Lagi Bisa Digunakan di Indonesia, Berikut Keunggulanya

Diperbarui: 27 Mei 2021   19:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

metrobali.com

Beberapa belakangan terakhir, sentar terdengar bahwa teknologi jaringan 4g sebentar lagi akan digantikan oleh jaringan 5G. Teknologi ini digadang gadang memiliki kecepatan unduhan berkali kali lipat lebih cepat dari pada kebepatan internet 4G. Salah satu perusahaan ternama asal Amerika Serikat sempat memprediksi bahwa 2,8 miliar orang akan mengadopsi teknologi 5G pada 2025 mendatang . 

Perkembangan teknologi yang terbaru diberi nama 5G merupakan sebuah trobosan yang mampu meningkatkan transmisi data dan pertukaran data. Dalam teknologi yang terbaru ini data akan dikirim melalui glombang radio. Selanjutnya glombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi sudah disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran TV, dan mobile data.

Perlu anda ketahui jaringan 5G merupakan generassi ke lima dari jenis -jenis kecepatan jaringan nirkabel yang pernah dibuat didunia, G dibelakang angka memiliki makna sebagai generation atau generasi. 

Teknologi 5G ini juga menyimpan banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk memudahkan kegiatan sehari hari. Jika sebelumya harus dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mentransmisikan data dalam ukuran yang besar maka melalui teknologi ini waktu tranmisi dapat dipangkas secara signifikan. Apa saja yang menjadi kelebihan dari teknologi 5G ini?

Kecepatan Tranmisi Jauh Lebih Baik

Dibandingkan dengan teknologi  sebelumya yaitu LTE dan W-CDMA  yang hanya mendukung frekuensi sampai di bawah 6GHz, 5G NR sudah didukung frekuensi sampai 100 GHz. Artinya Teknologi 5G ini mampu menghasilkan kecepatan tranmisi hingga 10GB per detik. Dengan demikian, dibandingkan LTE, 5G NR masih tetap menggunakan OFDM ( Orthogonal Frequency Division Multiplexing ) tentunya dengan beberapa peningkatan. Salah satunya yaitu subcarring specing yang fleksibel, tidak hanya satu nilai. Hal ini yang sangat membantu 5G NR untuk menangani spektrum frekuensi dan penggunaan yang beragam. Tingkat tranmisi yang begitu cepat maka tidak heran jika 5G dipandang sebagai teknologi yang sangat revulusioner dalam mendukung komunikasi cepaf antara dua pihak.

Hampir Tidak ada Delay

Teknologi 5G tidak hanya menawarkan kecepatan tranfer datayang tinggi, melainkan juga menawarkan latensi yang lebih renah dan kepadatan koneksi yang lebih tinggi dibandingkan generassi yang sebelumnya. Terknologi ini memungkinkan hanya memiliki waktu delay sekitar 4 hingga 5 milidetik saja. Bahkan bisa dikurangihingga 1 milidetik, artinya 10 kali lipat lebih cepat dari 4G. Dengan begitu memungkinkan kita untuk menonton vidio beresolusi tinggi tanpa interupsi. Bila disandingkan dengan IMT-Advanced alias 4g, IMT-2020 alias 5G bisa memberikan though-put sebesar 10 kali. Generasi baru ini memang dirancang sedemikian rupa untuk menghubungkan makin banyak dan beragam perangkat, bukan hanya smartphone.

Konesi Lebih Luas

Dengan Fleksibilitas penggunaan frekuensi radio teknologi 5G hanya mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat. Artinya teknologi 5G membuatnya bisa digunakan pada lebih banyak perangkat. Lebih tepatnya teknologi ini mempunyai kapasitas 100 kali lebih besar. Dengan ini sangat memungkinkan akan lebih banyak orang yang berkomunikasi stu sama lain secara bersamaan. Secara sederhna, meski sama sama menggunakan OFDM, akan tetapi 5G menawarkan banyak kelebihan dibandingkan LTE Salah satu  kelebihan dari 5G adalah subcarrier spacing dari 5G yang bisa kelipatan dari 15 KHz , sedangkan LTE sendiri hanya bisa 15 KHz. Banyaknya perangkat yang bisa terkoneksi dengan teknologi 5G membuat banyak sekali kemungkinan perangkat yang terhubung pada teknologi ini, semisal berbagai perangkat berbasis smart seperti di smart home.

Hemat Energi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline