Lihat ke Halaman Asli

M. Gilang Riyadi

TERVERIFIKASI

Author

Tanpa Sosial Media, Hidup Akan Lebih Berwarna!

Diperbarui: 24 Oktober 2017   03:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

image by malesbanget.com

Zaman semakin hari semakin modern. Aplikasi di ponsel pintar mudah diunduh guna membantu penggunanya dalam menjalani kehidupan. Dimulai dari aplikasi chat yang memudahkan seseorang berkomunikasi, aplikasi maps untuk mencari jalan maupun sebuah alamat, atau aplikasi sosial media ditunjukan untuk kita, pemilik akun, memberi tahu aktivitas kepada orang lain. Pastinya, masih banyak lagi jenis aplikasi  berfaedah bagi masyarakat menjalani hari-hari nan menjemukan ini. Kalau dibahas satu-satu, nanti takut durasinya keburu habis deh.

Sosial Media (yang biasa disingkat menjadi sosmed) menjadi hal yang menarik untuk dibahas di sini. Kebanyakan anak muda (istilah kerennya generasi milenial) pastinya memiliki aplikasi sosmed di ponselnya. Entah itu Facebook, Instagram, Twitter, Line dan masih banyak lagi. Tentunya selain untuk mempermudah komunikasi dengan teman atau keluarga, sosmed akan digunakan sebagai wadah individu untuk meluapkan emosinya (entah itu berupa kesenangan atau justru kesedihan) ataupun sebagai media hiburan untuk menghilangkan kejenuhan.

Untuk generasi muda, sosmed memang menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Ketika ada di tempat A harus mengunggah aktivitasnya, begitu pula ketika ada di tempat B, C, D sampai Z. Sedang belajar juga sama, yang penting eksis nomor satu. Bahkan sampai hal-hal yang sebenarnya 'nggak perlu' pun tetap saja diunggah ke sosial media. Well, itu bukanlah sebuah kesalahan. Saya juga pernah seperti itu, meski sangat jarang.

Sayangnya, semakin ke sini peran sosial media bukan hanya menjadi wadah generasi muda untuk menunjukkan hal yang positif, tapi justru sebaliknya. Tidak jarang, kita menemukan postingan yang menjadi viral bukan karena prestasi, tapi karena sensasi. Entah mengapa, semakin ke sini pun saya malah merasa tidak nyaman lagi menggunakan sosmed. Sesuatu yang seharusnya menjadi sarana penghibur diri, malah berbalik menjadi hal yang membuat saya risih dan cenderung menghindari sosial media ini. Namun, hal apa sih yang membuat saya sampai berpikir begini? Mari kita bahas satu per satu di sini.

Sosial Media Menjadi Ajang Kesombongan

Ini adalah alasan pertama yang sebenarnya masih dalam tahap biasa dan tentunya dialami juga oleh banyak orang. Dengan adanya sosmed, kita memang dibebaskan untuk berekspresi. Namun tidak jarang, ekspresi itu justru terlalu terkesan berlebihan. Hal-hal yang seharusnya menjadi privasi justru diperlihatkan ke orang banyak. 

Ada beberapa kasus misalnya ketika seseorang dengan bangganya memposting segepok uang atau harta lainnya yang tak kalah berharganya di Instagram, seolah mengatakan "ini lho duit gue, banyak kan?". Bukankah hal tersebut seharusnya hanya menjadi konsumsi pribadi saja? Kalau tiba-tiba dirampok kan siapa yang mau tanggung jawab?

Memang, itu adalah hak seseorang untuk mengunggah apapun di sosial media miliknya dan kita pun jangan iri dengan kebahagiaan orang lain. Namun hal yang ingin saya tekankan di sini adalah kita harus bisa memilah aktivitas yang sekiranya bisa jadi konsumsi publik dan konsumsi pribadi. Tidak perlu lah sedikit-dikit update hanya untuk mencari ketenaran di dunia maya. Lebih baik jadikan sosial media menjadi hal wadah postif bagi diri sendiri dan tentunya bagi orang lain.

Sosial Media Menjadi Tempat 'Nyinyir' yang Pas

Nah, kalau yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Semakin ke sini fungsi sosial media tergeser menjadi wadah seseorang untuk berkomentar seenaknya. Tidak sedikit pengguna sosmed pada akhirnya tertangkap basah karena memberikan komentar yang tidak baik di postingan seseorang (biasanya orang terkenal sih). Hal ini membuat orang tersebut yang semula 'membully' justru berbalik 'dibully' oleh netizen lain dengan komentar "lebih kejam".

Pada kasus di atas (ataupun kasus lain yang serupa dan menjadi viral) kita sebagai netizen seharusnya bisa menjaga sikap di sosial media yang dilihat banyak orang. Meskipun hanya terlihat dari sebatas foto, tidak menutup kemungkinan identitas kita akan ketahuan ketika melakukan sebuah kesalahan fatal di sosmed. Dan satu lagi, jangan cuma berani menjadi singa di dunia maya, begitu ada di dunia nyata malah menjadi kucing kecil yang ketakutan.

Sosial Media Menjadi Arah Kekinian yang Kurang Pas

Banyak generasi milenial yang tentunya meninginginkan ketenaran di sosmed, atau pengikut tren masa kini hingga dikatakan kekinian oleh orang banyak. Jika tren kekinian adalah orang berprestasi seperti Maudy Ayunda atau Chelsea Islan ya tidak masalah. Namun bagaimana jika yang dianggap kekinian oleh mereka publik figur macam seperti Awkarin dan Anya Geraldine? Well, saya tidak bisa bilang bahwa kedua contoh tadi adalah contoh buruk, tapi saya rasa, kedua tokoh tersebut tidak merepresentasikan manusia asal timur dengan budaya sopan santunnya. Entah itu dari cara berpakaian, pergaulan, ataupun pacarannya.

Seperti yang Kompasianer tahu bahwa sosial media akan memberikan pengaruh cukup besar untuk seseorang, apalagi untuk anak muda yang masih mencari jati dirinya. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam memantau aktivitas anaknya. Baik itu dari pergaulan ataupun dari sosial medianya.

Sosial Media Menjadi Wadah Empuk Menyebar Berita Hoaks

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline