Lihat ke Halaman Asli

Gilang Nugraha

Jr. Content Writer

Solitude Part 9 Episode Roda

Diperbarui: 27 Juni 2022   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hai namaku Galfi dan ini ceritaku dalam menghadapi kesendirian

Juni 2022 setelah pulang dari liburan ternyata memang mobil pertama Galfi yang sudah diiklankan untuk dijual telah dibeli oleh peminatnya sayangnya memang mobil tersebut dibeli ketika Galfi sedang diluar kota menemani ibunya ke pantai Pangandaran, awalnya Galfi tak menyangka mobilnya yang sedang dalam keadaan rusak memang diniatkan dijual tanpa diperbaiki dahulu karena sebelum rusak pun mobil jazz hitam milik Galfi tersebut baru saja diperbaiki Galfi yang mulai lelah mengeluarkan biaya untuk mobil jazznya tersebutpun akhirnya memutuskan untuk lebih banyak mengeluarkan uang lebih untuk menambah mobil penggantinya nanti.

Mobil Jazz hitam tersebut memang adalah kendaraan pertama yang berhasil dirinya beli dari penghasilannya sendiri, selama 7 tahun kebelakang memang mobil jazz hitam tersebut adalah kendaraan yang selalu memani perjalanan susah senang Galfi setelah merasakan dunia pekerjaan belum lagi ketika itu memang selama 4 tahun setelah mobil itu dibeli oleh Galfi ada seseorang yang selalu ada disamping tempat duduk supir yaitu Rayu. Jazz hitam itu adalah mobil yang sangat kecil dan sangat enak untuk dikemudikan apalagi itu adalah mobil pertama yang bisa dirinya kendarai.

Selama 7 tahun kebelakang memang ,Setiap jalan kota Bandung dan Cimahi sudah pernah mobil Jazz hitam Galfi itu maka dari itu bahkan setiap tempat yang pernah dijajaki oleh Galfi bersama Jazz hitam dan Rayu memiliki ceritanya masing-masing. Belum lagi suatu ketika hubungan Rayu dan Galfi berakhir begitu pula cerita Galfi dan mobil Jazz hitam itu juga seraya berakhir. Memang ada Gap selama 1 tahun setengah sebelum mobil itu terjual dari berakhirnya kisah cinta antara Rayu dan Galfi memang setelah berakhirnya kebersamaan mereka berdua. Galfi yang memang sebenarnya adalah orang rumahan asli berbeda dengan Rayu yang suka mengeksplor tempat-tempat baru selama 1 tahun kurang itupun Galfi dan mobil Jazz hitamnya tersebut pun lebih sering diam dirumah, dan setiap Galfi keluar rumah untuk bekerja pun dirinya lebih memilih untuk memakai jasa aplikasi ojek online yang berada di handphonenya 

Beberapa minggu setelah terjualnya mobil Jazz hitam tersebut akhirnya Galfi memutuskan untuk membeli mobil baru yang lebih besar karena mengingat sekarang anggota keluarganya bertambah dari 7 tahun lalu pada saat pertama Galfi membeli mobil pertamanya tersebut kali ini dirinya memiliki adik baru dari suami adiknya Rita dan juga keponakan barunya yaitu Rala dari adiknya tersebut itu. Namun memang untuk Galfi yang lebih senang di posisi kemudi pada saat di mobil awalnya merasa agak kagok karena pertama dirinya baru membawa mobil lagi selama 2 tahun kebelakang lagi dan juga mobil barunya tersebut yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari mobil jazznya terdahulu.

Ya pada awalnya Galfi adalah orang yang selalu sulit untuk menjual mobil jazz hitamnya tersebut dan adik perempuannya Rita selalu membujuk Galfi untuk mengganti mobilnya tersebut karena pada dasarnya mobil jazz itu sudah terlalu sering meminta biaya perbaikan. Namun Galfi yang memiliki kenangan tersendiri dengan mobil tersebut sulit untuk melepaskan mobil itu apalagi jika harganya tidak sesuai. Namun lama kelamaan dirinya menyadari adalah sebuah tidak kepentingan seseorang untuk menaikan harga suatu barang karena cerita para pemilik sebelumnya dan dirinya sadar bahwa suatu kenangan kadang memang hanya berharga untuk seseorang yang memilikinya saja. Dan alangkah malangnya apabila mempertahankan suatu hal yang disukai hanya karena kenangannya saja karena pada dasarnya dirinya sadar selama 2 tahun kebelakang si mobil jazz ini terbengkalai oleh dirinya ya mungkin saja pemilik barunya nanti akan mengurus dirinya lebih baik.

Begitu pula dengan mobil yang baru saja dibeli dirinya mungkin saja sekarang Galfi sebagai pemilik barunya adalah orang yang akan mengurus lebih baik dibandingkan pemilik sebelumnya apalagi sebuah mobil pada dasarnya adalah menemani perjalanan setiap pemiliknya.

Maka dari itu mobil barunya dan Galfi akan membuat cerita baru untuk menemaninya menghadapi kesendiriannya kedepan. Memang tidak serta merta Galfi nyaman mengendarai mobil tersebut namun orang lain percaya hal itu hanya butuh waktu penyesuaian sampai akhirnya Galfi terbiasa sendiri dengan mobil itu ya memang seringkali Galfi selalu mengeluh akan lebih enaknya membawa mobilnya yang dulu akan tetapi dirinya sadar bahwa mobilnya yang sekarang lebih bisa menampung semua anggota keluarganya. Ya memang setiap kita kehilangan sesuatu kita akan selalu merasa yang dahulu lebih baik namun tanpa kita sadari apa yang kita punya saat ini melebihi segala sesuatu yang kita butuhkan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline