Lihat ke Halaman Asli

Memanfaatkan Kemajuan Teknologi dalam Berbisnis

Diperbarui: 17 Juli 2021   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pentingnya teknologi digital untuk bisnis (Foto Ilustrasi:goodyfeed.com)

Di era perkembangan globalisasi yang semakin maju terdapat perubahan pola kehidupan di berbagai bidang ekonomi, tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang mampu memberi keuntungan pada aspek kehidupan manusia. Maka dari itu, dengan berinovasi mereka dapat melihat peluang bisnis melalui peningkatan kemajuan teknologi yang saat ini terus berkembang. Pengaruh globalisasi dan juga kreativitas yang dihasilkan dapat memberikan potensi dalam mengembangkan perekonomian. Layanan toko online merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan jiwa bisnis atas kreativitas yang dimiliki sehingga berdampak besar pada bertumbuhnya ekonomi digital negeri ini.
    

      Maraknya penggunaan internet di Indonesia yang sangat tinggi, rupanya dapat memanfaatkan kesempatan dengan menggunakan teknologi dalam melakukan bisnis. Jiwa wirausaha bisa tersalurkan dengan memulai bisnis online atau biasa disebut online shop. Online shop adalah layanan jual beli barang/jasa untuk mempermudah konsumen dalam berbelanja dengan memanfaatkan jaringan elektronik seperti internet. Pada saat ini, layanan online shop sudah banyak digunakan oleh masyarakat dalam melakukan bisnis, semakin bertambahnya bisnis online  maka semakin mendukung bertumbuhnya ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Pengaruh ekonomi digital memang mempunyai dampak penting dalam perkembangan pembangunan negeri ini karena bisa mendorong tumbuhnya wirausaha muda dalam berbisnis.
    

      Pemanfaatan bisnis online tidak dapat dipisahkan dari perilaku konsumen Indonesia yang menginginkan kepraktisan dalam berbelanja. Mudahnya berbelanja online tampaknya dapat memberi keuntungan bagi produsen tertentu untuk memasarkan barang/produk dalam jangkauan yang lebih luas. Dalam hal pemasaran, mereka dapat menggunakan internet sebagai media promosi sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dalam memperkenalkan barang yang akan dijual. Bisnis online diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi wadah dalam menyalurkan jiwa bisnis mereka agar nantinya mereka dapat menumbuhkan perekonomian Indonesia semakin meningkat atas ide-ide kreatif yang dimiliki. Layanan jual beli yang efektif dan efisien dalam masalah waktu menjadikan keuntungan terbesar dalam mencari konsumen.
    

      Di era modernisasi ini, masyarakat banyak menggunakan teknologi untuk mempermudah dalam akses informasi, sebab Indonesia telah memasuki era digital. Masyarakat juga semakin mudah dalam memulai usaha tanpa harus mendirikan toko sebagai tempat usaha karena nya kini masyarakat bisa memanfaatkan teknologi untuk menjadi wirausaha dengan berprofesi sebagai seller. Apalagi selama mulai masa pandemi yang dimulai sejak Januari hingga Juli 2020 pelanggan online shop mengalami kenaikan 38,8 persen. Menurut data iPrice, jumlah pengguna marketplace pada kuartal ketiga tahun ini meningkat dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu. Pada kuartal ketiga tahun lalu, jumlah klien pelanggan shopee adalah 55,9 juta orang, sementara tahun ini, jumlah pengunjung mencapai 96,5 juta atau meningkat sekitar 72%. Selain shopee, tokopedia juga menunjukkan angka yang sama. Pada kuartal ketiga 2019, jumlah pengunjung tokopedia mencapai 65,9 juta, sementara tahun ini mencapai 84,9 juta (meningkat sebesar 28%).
   

       Mudahnya dalam berbelanja online rupanya memberi kemudahan dalam memulai usaha, konsumen lebih mempertimbangkan kesederhanaan dalam berbelanja sehingga online shop menjadi solusi bagi mereka. Layanan online shop diprediksi terus mengalami perkembangan dalam melakukan transaksi jual beli, kepraktisan dalam bertransaksi menjadikan online shop layanan paling banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam perkembangannya teknologi dan industri kreatif menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam membangun aktor wirausaha. Perdagangan elektronik mempengaruhi percepatan pertumbuhan ekonomi dan memfasilitasi penjualan barang/produk yang dipasarkan. Berikut merupakan manfaat dari layanan online shop adalah:         *     Mempermudah konsumen dalam berbelanja, mereka dapat melakukan dimana dan kapan saja sehingga menjadikan online shop lebih praktis dalam jual beli.

Konsumen lebih hemat waktu dalam berbelanja, mereka tidak perlu ke mall. Dirumah saja mereka bisa berbelanja sesuka hati.                  Maka dari itu, online shop merupakan layanan jual beli yang efisien.
    *     Jaringan dan jangkauan yang luas lebih mudah dalam memasarkan produk.

     Sebagai masyarakat tentunya menginginkan perekonomian Indonesia sangat baik bukan? Sudah sepantasnya di era modernisasi ini harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan kreativitas yang dimiliki dan mampu menciptakan barang-barang yang berkualitas sehingga dapat di pasarkan di layanan toko online. Mari tanamkan jiwa wirausaha dan ayo kita belajar berbisnis untuk menciptakan sebuah pertumbuhan ekonomi Indonesia agar lebih baik karena tingkat kenaikan keberhasilan produktivitas yang tinggi, dapat menjadi sebuah penunjang keberhasilan pertumbuhan ekonomi. Di era ini, yang memiliki kreativitas dan ide-ide yang menarik adalah mereka yang dapat mengembangkan perekonomian menjadi lebih maju sehingga berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pengaruh pertumbuhan ekonomi memang menjadi salah satu penunjang untuk menciptakan tingkat kesejahteraan masyarakat yang meningkat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline