Lihat ke Halaman Asli

Gilang Priambodo

Mahasiswa Amikom Purwokerto

Sayur yang Digunakan dalam Salad Sayur

Diperbarui: 11 Januari 2023   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Salad sayur adalah salah satu jenis salad yang terbuat dari berbagai macam sayur-sayuran segar yang dicampur dengan bahan lain seperti saus, bumbu. Salad sayur ini biasanya digunakan sebagai hidangan penutup atau pun sebagai pelengkap dari hidangan utama.

Bahan-bahan yang digunakan dalam salad sayur biasanya terdiri dari berbagai macam sayur-sayuran segar, seperti:

  • Lettuce (daun selada)
  • Kentang
  • Wortel
  • Tomat

Salad ini bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti saus salad, minyak zaitun, jus lemon, atau bahkan keju parut. Penambahan daging atau seafood juga bisa dilakukan jika ingin menambah variasi rasa.


Berikut ini adalah sayuran yang cocok di gunakan untuk salad sayur :

Lettuce (daun selada)

Lettuce adalah sejenis sayur yang berasal dari keluarga Asteraceae atau Compositae. Terdapat berbagai macam varietas lettuce, di antaranya adalah:

  • Lettuce head (Iceberg) : sejenis lettuce yang memiliki daun tebal dan keras, rasa yang agak kurang segar
  • Lettuce leaf : lettuce yang memiliki daun tipis dan lembut dengan rasa yang segar
  • Romaine lettuce : lettuce yang memiliki daun panjang yang lembut dan rasa yang sedikit lebih tajam dibandingkan jenis lettuce lainnya.

Lettuce dikenal karena kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin K, A, C, folat dan kalsium. Lettuce juga rendah kalori dan rendah lemak, sehingga baik dikonsumsi untuk diet. Lettuce juga kerap digunakan sebagai bahan dasar dalam salad.

Kol Unggu

Kol ungu adalah jenis kol yang berwarna ungu. Kol ungu memiliki rasa yang lebih manis dan lebih lembut dibandingkan dengan kol hijau atau kol putih, dan juga memiliki tekstur yang lebih lembut. 

Kol ungu juga dikenal karena kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin C, K, B6, kalsium, serta kandungan antioksidan yang tinggi. Kol ungu juga rendah kalori dan rendah lemak, sehingga baik dikonsumsi untuk diet. Kol ungu dapat digunakan dalam berbagai macam masakan, seperti salad, sup, atau digoreng. 

Wortel

Wortel adalah sejenis sayur-sayuran yang biasa digunakan dalam masakan. Wortel adalah tanaman bawah tanah yang memiliki akar yang besar dan keras. Wortel adalah sumber yang kaya akan vitamin A, vitamin K, vitamin B6, folat, dan kalsium.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline