Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Bipolar Disorder?

Diperbarui: 28 Oktober 2022   01:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mungkin kita semua sudah tidak asing dengan kata bipolar disorder. Tapi kita semua jarang bahkan sering salah menyalah artikan kata bipolar disorder. 

Bipolar Dirsorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan yang drastis pada suasana hati. Bipolar disorder menyebabkan penggunanya tidak normalnya pergantian mood, energi, dan kemampuan untuk mengerjakan tugas - tugas harian.

Berdasarkan data World Health Organization di tahun 2017, ada sekitar 45 juta orang di seluruh dunia yang menderita gangguan bipolar.

Gangguan bipolar menjadi salah satu yang tertinggi dengan sekitar 5,7 juta jiwa menderita gangguan bipolar. Gangguan ini merupakan salah satu penyebab utama cacat dan kematian akibat bunuh diri di selutuh dunia termasuk indonesia.

Beberapa ahli berpendapat, kondisi inu disebabkab oleh ketidakseimbangan neurotransmitter atau zat pengontrol fungsi otak. Ada juga yang berpendapat bipolar merupakan atau berkaitan dengan faktor keturunan. 

Dokter spesialis kejiwaan Dr. Untung Sentosa. M. Kes, Sp. Kj, FIAS juga berpendapat bahwa bipolar merupakan gangguan emosi yang dikarekan masa kecil yang bermasalah dalam jangka waktu lam dan itulah yang menimbulkan gangguan pada sistem otak.

Seseorang yang menderita bipolar ini memiliki antusia yang berlebih, namun ketika moodnya berubah penderita inj akan merasa sangat depresi ditandai dengan rasa pesimis dan merasa putus asa.

Gangguan bipolar dapat diderita seumur hidup sehingga mempengaruhi aktivitas penderitanya. Namun, pemberian obat - obatan dan psikoterapis dapat membantu penderita menjalani kegiatan sehari - hari.

Faktor yang dapat mempengaruhi munculnya bipolar adalah faktor genetik dan lingkungan, selain itu tekanan hidup juga dapat menyebabkan gangguan bipolar.

Jenis Bipolar Disorder

1. Gangguan Bipolar Tipe I

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline