Lihat ke Halaman Asli

Gigih saputra

Kandidat doktor, filsuf ketuhanan, dosen baru di Stiamak Barunawati..pembangunan masyarakat seimbang

Masih Care dengan IPK?

Diperbarui: 15 September 2021   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akun Pribadi di Sinau UINSBY/dokpri

Alhamdulillah akhirnya nilai semua MK semester 2 sudah keluar. Sesuai prediksi  Ip semester ini adalah 3,92 dan IPK 3,89.  Not bad Alhamdulillah peningkatan jika dibanding IPK  saat s2 dulu pada akhir semester 2 yaitu 3,86. 

Hanya saja Ip semester ini masih belum mampu melampaui IPS saat semester 3 dan 4 saat S2.Ya saat itu saya mencapai nilai IPS 4,00. Well setidaknya  ada semangat tambahan untuk menjalani semester 3 program doktoral ini. Lebih jauh lagi motivasi buat saya untuk mengajar mahasiswa baru di kampus saya STIAMAK Barunawati.


Apa artinya IPS atau IPK tinggi tapi tidak melambangkan kemampuan? Itulah yang harus kita hindari. Ya  skillnya baik dan dilambangkan dengan indeks prestasi yang baik. Pesan itu akan saya tanamkan pada mahasiswa saya.

Ya saya dan mahasiswa saya ada kesamaan. Sama-sama mahasiswanya. Jadi saya bisa rasakan dan alami apa yang mereka rasakan dan alami. Ya pendekatan empati juga perlu dalam mengajak mahasiswa berketerampilan proses. Tidak sekedar menjadi pihak yang mengkonsumsi ilmu.

Ya apalagi mengajar semester 1. Gampangannya mengajar anak yang baru lulus SMA dan baru menapaki perguruan tinggi. Menanamkan dasar-dasar logika filosofis, menggunakan berbagai perspektif ilmu, dan mengajarkan anti plagiasi. 

Apalagi di era disrupsi ini semakin dimudahkan dan kebiasaan copy paste dari google menjadi masalah yang perlu dipecahkan sedari awal. Jika tidak, akan semakin membuat ketergantungan. 

Bisa ngefek juga pada pembentukan moralitas yaitu tidak sportif atau curang. Bahkan dapat mencederai kultur akademik. Naudzubillah...itulah salah satu penghambat kemajuan pendidikan.

Akun Pribadi di Sinau UINSBY/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline